PEKANBARU, GORIAU.COM - Belasan orang yang tergabung Gerakan Masyarakat Riau (Gemari) mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau untuk menuntut agar pelaksanaan putaran kedua Pilgubri ditetapkan secepatnya.

Karena memang, keputusan pelaksanaan putaran kedua pada Rapat Pleno yang dilakukan September lalu memutuskan putaran kedua akan dilaksanakan pada 30 Oktober 2013 mendatang.

Namun pada waktu itu belum ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh dua pasangan calon. Jadi dalam perkembangannya, gugatan tersebut akan mempengaruhi waktu pelaksanaan Pilgubri putaran kedua.

"Kami meminta kepada KPU Riau segera menetapkan waktu pelaksanaan Pilgubri putaran kedua secepatnya, karena masyarakat risih dengan kondisi tanpa kejelasan seperti ini," kata Korlap Gemari, Rizki dalam orasinya.

Selain itu, Gemari juga menuntut agar KPU Riau transparan dalam menjalankan putaran kedua nanti. Karena Gemari menduga ada beberapa hal yang dilakukan KPU Riau tidak secara transparan.

Salah satunya mengenai gugatan salah satu pasangan calon yang mengklaim telah dizalimi dengan hilangnya ribuan suara pemilih yang jelas-jelas seharusnya masuk dalam hitungan persentase perolehan suara.

Selain itu KPU Riau dinilai menutupi hasil tes kesehatan masing-masing pasangan calon. "Kita ingin KPU Riau transparan dalam menjalankan putaran kedua ini. Ketiga, kami meminta agar KPU Riau juga tidak memihak atau mengintervensi salah satu pasangan calon," kata Rizki.

Belasan masyarakat yang tergabung dalam Gemari tersebut disambut Anggota KPU Riau Heriyanti Hasan. Dijelaskannya, KPU Riau akan mengambil keputusan terkait pelaksanaan Pilgubri pada Rabu (9/10/2013) mendatang.

"Apakah nantinya Riau akan melangsungkan putaran kedua atau malah melakukan pungutan ulang. Karena gugatan dua pasangan calon ke MK mempengaruhi Pilgubri putaran kedua," kata Heriyanti.

Karena jika gugatan kedua pasangan dikabulkan, dipastikan akan melakukan pungutan suara ulang. Sementara mengenai transparansi, Heriyanti menegaskan KPU Riau selama ini telah menjalankan tugas dengan sebaiknya, termasuk dalam transparansi melakukan Pilgubri putaran pertama.(tri)