JAKARTA - Kenakan kain sarung, Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertolak ke Magelang, Jawa Tengah, untuk meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yayasan Syubbanul Wathon di Tegalrejo. Ma'ruf bersama istri Wury Estu Handayani berangkat sekitar pukul 07.30 WIB menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU menuju Yogyakarta.

RSU Syubbanul Wathon merupakan rumah sakit pertama yang pembangunannya dimulai tahun 2018. Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, pemerintah menyambut baik peran swasta dalam pembangunan dan menyediakan kesehatan kepada masyarakat Indonesia.

"Kami menyambut baik peran swasta dalam membangun dan menyediakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia, seperti sinergi antara Lippo Group dan PBNU. Kami berharap kemitraan ini dapat terus diperkuat untuk memberikan pelayanan yang semakin optimal kepada masyarakat," kata Terawan.

Jenguk Ketua PP Muhammadiyah

Selain meresmikan rumah sakit, Wapres Ma'ruf Amin juga akan bertemu para kiai di asrama Perguraan Islam, Mangelang hingga Pondok Pesantren Darussalam. Kemudian, akan membesuk Buya Yunahar Ilyas yang sedang dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Usai menjenguk, Wapres Ma'ruf Amin akan bertolak kembali ke Jakarta.

Dalam kunjungan kerja tersebut Wapres Ma'ruf Amin didampingi Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang telah lebih dahulu di sana, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto.***