PEKANBARU - Usai dilantik sebagai Bupati Indragiri Hilir (Inhil) periode 2018 – 2023, H Muhammad Wardan akan memaksimalkan programnya yang sudah berjalan dan menyelesaikan program – progam yang belum selesai dimasa jabatannya sebagai Bupati Inhil periode sebelumnya

Satu program andalan yang akan dilanjutkan adalah Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ), yang merupakan program pembangunan berkelanjutan diseluruh sektor. 

“Tentunya asaya akan melanjutkan program sebelumnya yang belum maksimal dan yang belum selesai akan kita selesaikan. Ada satu program juga yang akan kita tingkatkan, yaitu DMIJ,” ujar Wardan dalam pertemuan pers usai dilantik, Kamis, (22/11/2018). 

Menurutnya, Program DMIJ diperiode 2018 – 2023, selanjutnya akan fokus pada upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, disamping menuntaskan penyelesaian infrastruktur yang menjadi fokus DMIJ pada periode lalu. 

“DMIJ periode ini namanya DMIJ Plus Terintegrasi, yang artinya akan kita tingkatkan kinerjanya dengan berintegrasi atau bersinergi bersama seluruh OPD yang ada di Inhil. Periode lalu fokusnya adalah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, sudah berhasil hingga 70 persen, maka periode ini kita fokus pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, sambil kita selesaikan program infrastruktur yang tinggal 30 persen,” paparnya. 

Secara lebih rinci, pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dimaksud adalah memaksimalkan potensi sumber daya yang ada di Inhil, seperti perkebunan kelapa. Ia pun berharap semua OPD dapat bekerja sama agar kelapa ini dapat diolah menjadi lebih berdaya ekonomis. ***