TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Tradisi 'maelo' (menarik) kayu jalur secara gotong royong sudah lama ditinggalkan oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, seiring perkembangan teknologi. Kini, tradisi tersebut coba dibangkitkan kembali oleh sebagian masyarakat Kuansing.

Seperti yang dilakukan oleh Masyarakat Bukit Kauman Kecamatan Kuantan Mudik. Dimana, pada Rabu (28/10/2015), ribuan masyarakat turun untuk menarik kayu dengan panjang mencapai 40 meter dari hutan ke perkampungan.

Prosesi penarikan kayu jalur ini dihadiri oleh Calon Bupati Kuansing nomor urut 1, Indra Putra, ST. Tidak hanya kaum pria, namun para ibu-ibu juga turut menarik kayu jalur ini.

"Alhamdulillah, berkat semangat dan kegotongroyongan masyarakat, kayu jalur sampai ke desa," ujar Indra usai menarik kayu jalur.

Indra salut dengan kekompakan yang ditunjukkan oleh masyarakat Bukit Kauman. Terlebih kaum perempuan antusias dalam 'maelo jaluar' ini.

"Hendaknya kekompakan ini tetap terjaga dan kita saling bahu membahu dalam pembuatan jalur, begitu juga membangun Kuansing," pungkas Indra.***