JAKARTA - Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto mengatakan berdasarkan Rapat Koordinasi terkait perkembangan pelaksanaan PPKM Mikro yang dilaksanakan pada Kamis (18/2) indikator-indikator penanganan COVID-19 menunjukkan hasil yang positif. Diketahui jumlah kasus aktif COVID-19 mengalami penurunan sebanyak 17,27% dalam sepekan.

Ia pun mengungkapkan terima kasih kepada masyarakat. Di samping itu ia juga memaparkan tren kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan mengalami peningkatan.

"Tentu indikator ini membuat kita semua bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat. Apalagi ada kecenderungan meningkatnya tren kepatuhan protokol kesehatan di masyarakat yang berada di kisaran 87,64%-88,73%," kata Airlangga dalam keterangannya, Sabtu (20/2/2021).

Menteri Koordinator bidang Perekonomian ini menjelaskan Bed Occupancy Ratio (BOR) menunjukan angka kurang dari 70% dari kapasitas yang tersedia di berbagai daerah. "Tren kesembuhan terus meningkat dan angka kematian akibat COVID-19 terus menurun," jelas Airlangga

Ketua Umum Partai Golkar ini berharap tren positif ini tidak membuat lengah dan berpuas diri. Airlangga mengajak semua pihak untuk terus waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Hasil positif ini tentunya tidak akan didapat tanpa kerja sama seluruh pihak," ujar Airlangga. ***