TELUKKUANTAN - Kasus Covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengalami lonjakan. Dinas Kesehatan (Diskes) Kuansing mencatat saat ini ada 31 kasus aktif Covid-19.

Dari 31 kasus ini, 30 orang hanya mengalami gejala ringan. Karena itu, mereka hanya perlu menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"30 pasien hanya mengalami gejala ringan dan saat ini menjalani isolasi mandiri. Kita terus melakukan pemantauan terhadap kondisi pasien yang menjalani isolasi mandiri," ujar Jafrinaldi, Plt Kepala Diskes Kuansing, Senin (14/2/2022) pagi di Telukkuantan.

Sedangkan satu orang pasien harus mendapatkan perawatan intensif dari rumah sakit. Menurut Jafrinaldi, pasien tersebut memiliki penyakit bawaan dan saat di-swab menyatakan terpapar Covid-19.

"Pasien yang dirawat ini, dia hendak menjalani operasi. Sebelum masuk ruangan, tentu perlu diperiksa apakah bebas Covid-19 atau tidak. Hasilnya, dia terpapar Covid-19 dan langsung dirawat," ujar Jafrinaldi.

Hingga saat ini, kasus Covid-19 di Kuansing sudah mencapai 5.667 kasus. Rinciannya, 30 orang jalani isolasi mandiri, satu orang dirawat, 5.473 orang sembuh dan 163 orang meninggal dunia.

Dengan meningkatnya kasus Covid-19, Jafrinaldi mengingatkan masyarakat untuk segera vaksinasi. Kemudian, tetap prokes dalam kehidupan sehari-hari.

"Prokes harus ditingkatkan, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Kemudian, bagi yang belum vaksin, segera vaksin. Ini sangat penting agar terhindar dari Covid-19," tutup Jafrinaldi.***