SELATPANJANG - Jamaliah, seorang wanita tua yang mengaku dari Pulau Bintan Kepulauan Riau sedang terbaring lemah di rumah Surya (32) Warga Banglas Barat Kepulauan Meranti, Riau. Sedihnya lagi, dengan kondisinya yang sangat memprihatinkan itu, Jamaliah hanya sebatang kara.

Pantauan GoRiau di kediaman Surya, Selasa (8/3/2016), Jamaliah terbaring lemah di atas selembar tikar plastik tipis. Jamaliah tidak bisa bergerak banyak lantaran sebelah badannya sudah tidak berfungsi.

Di kamar yang berukuran sekitar 2 x 2,5 meter itulah Jamaliah makan minum, mandi, dan buang air. Untuk melakukan semua aktivitas, Jamaliah dibantu oleh Surya.

Menurut Surya, Ia sebenarnya bukanlah sanak saudara Jamaliah. Namun, oleh karena pernah kenal sama Jamaliah, akhirnya Ia merawatnya. Kata Surya lagi, Jamaliah sudah sekitar 4 bulan terbaring lemah di rumahnya. Sebelumnya Jamaliah telah mengadu ke pihak desa, namun diantarkan ke rumah Surya.

"Kemarin katanya mau giliran merawatnya, tapi sudah 4 bulan di sini, tak ada yang menanggapi," ujar Surya.

Diceritakan Surya, Jamaliah dulu pernah tinggal di Desa Tenan (saat Ia masih sekolah SD). Kemudian, setelah Surya pindah ke Desa Banglas, Ia kembali bertemu dengan Jamaliah. Singkat cerita, Jamaliah kerap mendatangi rumahnya. "Kadang dua hari, setelah itu pergi entah kemana. Banyak rumah warga yang Ia datangi. Makanya pas sakit pihak desa mengantarkan ke sini," kata Surya lagi.

Menurut Surya, Jamaliah sebenarnya seperti orang hilang ingatan. Terkadang apa yang disampaikan hari ini, akan berbeda dengan yang disampaikan nanti.

Jamaliah ketika ditemui di kamar tempat tidurnya mengaku punya 12 saudara di Bintan. 12 saudara tersebut dari dua ibu (orang tua nya memiliki dua istri).

Beberapa nama yang sempat disebut Jamaliah sebagai saudara kandungnya adalah Rasyid, Rasyidah, Razak, Nuraini, Nora, Rohani, Saimah, Jalil, dan yang bungsu bernama Yazid. Sedangkan saudara satu ibunya bernama Ramli, dan fatimah.

"Mereka tinggal di Bintan," ujar Jamaliah.

Jamaliah juga mengaku Ia sebelumnya pernah menikah dan dikarunia 3 orang anak yang Ia beri nama Fatimah, Ramli, dan Rasyid. Sedangkan orang tuanya diakui Jamaliah bernama Muhammad Top dan ibunya Rokiah Usman.

Pihak keluarga Surya yang bisa dikategorikan keluarga tidak mampu ini, berharap warga Bintan yang merasa kenal dengan Jamaliah bisa menghubunginya di nomor 085376984784. Sebab, di usia senja Jamaliah memang perlu mendapatkan perhatian lebih dari saudara maupun anak-anaknya. ***