KAMPAR – Penjabat (Pj) Bupati Kampar, Kamsol akan segera menempati Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Kampar, Riau setelah bagian umum mempersiapkan segala sesuatunya.

"Saya akan segera menempati rumah dinas Bupati Kampar jika bagian umum sudah menyatakan siap," ujarnya menjawab wartawan usai serah terima jabatan di Balai Rumah Dinas Bupati Kampar, Selasa (24/5/2022).

Dia katakan, terlebih dahulu akan koordinasikan dengan Kabag Umum, "Jika sudah ready, baru saya akan tinggal disini, mungkin masih ada perbaikan-perbaikan," ujarnya.

Kemudian lanjutnya, dalam minggu ini masih harus menyelesaikan tugas-tugas di tempat sebelumnya di Provinsi.

"Walaupun sudah ada pengganti saya, saya akan tuntaskan terlebih dahulu agar saya bekerja full dan lebih fokus dan tenang menjalankan amanah yang diberikan kepada saya disini," terangnya. 

Kamsol mengaku telah memberitahu rencana itu kepada sang istri, Deswita. "Saya akan menetap di Kampar. Saya sudah beritahu istri, kita pindah," ucapnya.

Ia akan bekerja siang malam. Kala siang melaksanakan tugas pemerintahan, malamnya berkoordinasi dengan masyarakat untuk dikerjakan esok harinya.

Pria kelahiran Dabo Singkep Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau 57 tahun lalu ini, memiliki empat orang anak.

Ia mengenyam pendidikan dari Sekolah Pendidikan Guru (SPG), lanjut ke pendidikan tinggi hingga meraih gelar Doktor.

Ia berkuliah Sarjana di FKIP Universitas Islam Riau (UIR), kemudian menyelesaikan program Magister di Universitas Andalas. Gelar Doktor diraihnya dari Universitad Brawijaya.

"Fokus tentang Human Capital. Modal manusia dalam pembangunan," katanya membeberkan tema disertasinya.

Menurut dia, Gubernur Syamsuar telah menjabarkan pekerjaan yang harus dilaksanakan Pj bupati. Termasuk mempersiapkan pemilihan umum presiden dan legislatif serta kepala daerah tahun 2024.

Ia akan memprioritaskan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian menjelang Pemilu 2024.

"UKM inilah prioritas kita agar masyarakat sejahtera supaya tidak terpecah karena beda dukungan saat Pemilu," ujarnya didampingi sang istri, Deswita.

Ia meminta dukungan dari semua pihak. Ia menyadari sebagai manusia tidak akan lepas dari kekurangan selama memimpin. Oleh karena itu, ia meminta tunjuk ajar dari para tokoh.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar menitip pesan saat pelantikan Penjabat Bupati Kampar pada Senin (23/5/2022) di Pekanbaru agar Kamsol lebih fokus bekerja dan menempati rumah dinas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.***