BANGKOK - Timnas Basket U-18 Putri Indonesia serius menatap SEABA U-18 Women’s yang akan berlangsung di Ratchaburi, Thailand, pada 24-26 Mei 2024. Sehari setelah tiba di Thailand, para pemain langsung dihadapkan pada laga uji coba.

Mereka menjajal kekuatan Tim Basket Universitas Silpakorn. Tim kuat di level liga mahasiswa ini dikalahkan dengan skor tipis 57-56 di Lapangan Basket Princess Sirindhorn's College.

Menurut General Manager Timnas Basket U-18 Putri Dedy Setiawan, uji coba ini untuk menguji pertahanan sebelum tampil di SEABA U-18 Women’s. Mengingat, ada beberapa catatan tim pelatih yang butuh disempurnakan usai scrimmage game melawan Tim Putri PON DKI Jakarta di GBK Arena lalu.

“Tujuan uji coba ini untuk memperbaiki catatan-catatan di defense pada waktu melawan Tim Putri PON DKI Jakarta. Di pertandingan tadi, defense anak-anak sudah bisa tampil lebih baik,” jelas Dedy.

Lanjut Dedy, Tim Basket Universitas Silpakorn bukan tim lemah di Thailand. Mereka masuk tim papan atas level liga mahasiswa.

Di dalamnya diperkuat pemain Timnas Senior Thailand. Ada tiga nama di sana. Mereka adalah Palida Nuamkong, Achara Kitchalya, Piyanuch Sripem.

Melawan Tim Basket Universitas Silpakorn, kata Dedy, banyak pelajaran diambil oleh Timnas Basket U-18 Putri. Salah satunya adalah konsistensi permainan.

Pemain Timnas Basket U-18 Putri sempat grogi di awal kuarter namun kemudian gaspol di kuarter berikutnya. Kemenangan di laga ini pun menjadi modal berharga jelang tarung di SEABA U-18 Women’s yang mulai berlangsung besok (24/5).

“Jika di Indonesia, Tim Universitas Silpakorn ini juaranya LIMA jadi wajar jika anak-anak butuh penyesuaian di awal,” ujar Dedy.

Dedy menyebut, secara keseluruhan apa yang ditunjukkan para pemain di uji coba ini luar biasa. Mereka menunjukkan perkembangan pesat setelah berlatih di Bali sejak 25 Maret 2024 kemudian pindah ke Jakarta.

Diharapkan, permainan Timnas Basket U-18 Putri terus berkembang saat tanding di SEABA U-18 Women’s. Di ajang ini, Indonesia akan memulai perjuangan melawan Malaysia U-18 pada 24 Mei 2024.

Sehari kemudian Nathania Nicole Sasongko dkk melawan Thailand. Terakhir, Timnas Basket U-18 Putri akan ketemu Filipina pada 26 Mei 2024.

“Meski ini hanya sebatas uji coba, hasil positif ini tentu menjadi modal positif bagi pemain. Kepercayaan diri mereka bertambah menatap pertandingan di SEABA U-18 Women’s nanti,” jelasnya.

“Namun demikian, yang perlu diingat adalah tim ini dipersiapkan untuk FIBA U-18 Women’s Asia Cup di China pada 24-30 Juni 2024. Saya berharap anak-anak bisa berkembang di SEABA ini sehingga akan lebih matang lagi saat tampil di Asia Cup nanti,” tukas Dedy. ***