JAKARTAKakang Rudianto menjadi salah satu pemain paling menonjol di skuad Garuda Select. Dia menjadikan Hansamu Yama dan Virgil van Dijk sebagai idola.

Selama Garuda Select menjalani rangkaian pertandingan di Inggris, Kakang jadi pemain dengan menit bermain terbanyak dengan 766 menit. Di balik permainannya, Kakang ternyata punya panutan soal bertanding, terutama sebagai bek tengah.

Kombinasi Kakang di jantung pertahanan bersama Dodi Irawan maupun Muhammad Ilham memberi jaminan rasa aman bagi penjaga gawang di setiap pertandingan.

"Saya sangat mengidolai Hansamu Yama Pranata. Sebagai pemain belakang, ia mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik untuk rekan setimnya, terutama lini belakang," ujar Kakang.

Hansamu memang dikenal sebagai pemain bertahan yang lugas dan tanpa kompromi saat berduel dengan pemain menyerang lawan. Melihat permainan Kakang di pertandingan-pertandingan Garuda Select yang sepintas memiliki gaya yang sama, rasanya wajar jika Kakang menjadikan bek berusia 24 tahun tersebut sebagai panutan.

Selain Hansamu, Kakang juga punya sosok lain di level internasional. Pilihannya jatuh pada bek Liverpool asal Belanda, Virgil van Dijk

"Kalau dari luar negeri, saya mengagumi Virgil van Dijk. Selain tangguh dalam duel perebutan bola, ia selalu tampil tenang dan dapat mengambil keputusan yang tepat," tambahnya.

Kakang sempat absen ketika Garuda Select menghadapi Torino pada Rabu (8/1). Ia diprediksi akan kembali saat melawan Juventus U-17 di Vinovo pada Kamis, 16 Januari 2020.

Penampilan Garuda Select dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di MOLA TV. Selain itu, MOLA TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select. ***