PEKANBARU - Para ibu hamil, terutama hamil muda, yang berdomisili di daerah yang diselimuti kabut asap, apa lagi kabut asapnya sangat tebal, perlu waspada. Sebab, menurut hasil penelitian, kabut asap bisa menyebabkan janin dalam kandungan gugur.

''Kami menemukan bahwa baik ozon dan partikel di udara berhubungan dengan peningkatan risiko kehilangan kehamilan dini,'' kata peneliti senior Pauline Mendola, seorang penyelidik di Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pembangunan Manusia A.S, seperti dilansir Webmd, Rabu (22/11/2017).

Mendola dan timnya meninjau data dari sebuah studi jangka panjang dari Institut Kesehatan Nasional AS yang diikuti oleh 501 pasangan antara tahun 2005 dan 2009.

Ada 343 pasangan yang mencapai 9 bulan kehamilan, namun 98 (28 persen) keguguran dalam 18 minggu pertama, kata para peneliti.

Tim memperkirakan keterpaparan pasangan terhadap kabut asap berdasarkan tingkat polusi yang terdeteksi di sekitar perumahan mereka, dan kemudian melihat apakah udara yang buruk mungkin berpengaruh pada kehamilan.

Temuan menunjukkan, paparan ozon tampaknya meningkatkan risiko kehilangan kehamilan sebesar 12 persen, dan paparan partikel udara halus meningkat sebesar 13 persen. Itu bahkan setelah para peneliti mengkompensasi faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan kehamilan, seperti usia, ras, pendidikan, ekonomi, berat badan, kesuburan, serta konsumsi kafein dan multivitamin.

Para peneliti memperkirakan, sembilan dari 98 kehamilan yang hilang bisa diselamatkan jika ibu hamil terkena tingkat kabut asap yang lebih rendah atau tidak sama sekali.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa paparan asap dikaitkan dengan kehilangan kehamilan, kata Mendola. Dan penelitian tersebut tidak membuktikan bahwa paparan asap menyebabkan keguguran, hanya saja ada hubungan.

Peradangan dan stres oksidatif yang ditimbulkan oleh polusi udara dapat membahayakan kehamilan dengan berbagai cara, kata Mendola. Ini bisa membahayakan perkembangan janin, mengganggu implantasi sel telur yang dibuahi di rahim, atau menimbulkan masalah terhadap perkembangan plasenta.

''Kami tidak tahu karena kami tidak bisa mengukurnya dengan data ini,'' jelas Mendola.

''Yang bisa kita katakan adalah kita melihat hubungan antara paparan polusi udara pada kehamilan dan risiko kehilangan.''

Teori Lain

Seorang pakar kesehatan wanita menawarkan teori lain. Ada kemungkinan bahwa racun dalam polusi udara bisa menembus plasenta dan secara langsung membahayakan janin, kata Dr Jill Rabin, kepala bagian perawatan rawat jalan dengan Program Kesehatan Wanita-Layanan PCAP di Northwell Health di New Hyde Park, NY.

''Sesuatu yang beracun yang Anda hirup tidak akan mempengaruhi perkembangan jaringan muda memang tidak bisa dipahami,'' kata Rabin.

''Bisa dibayangkan, beberapa dari racun itu bisa menembus plasenta dan bayi.''

Mendola mengatakan, bahwa dia ingin menguji temuan ini pada kelompok orang yang lebih besar, dan juga mengeksplorasi secara lebih dalam cara biologis bahwa polusi udara dapat membahayakan kehamilan.

Sementara itu, ibu hamil harus berusaha membatasi paparan asap tebal, sarannya.

''Bila Anda memiliki peringatan kualitas udara, kami akan mengatakan mungkin sebaiknya menyarankan agar wanita hamil menyesuaikan kegiatannya,'' kata Mendola.

''Hindari aktivitas di luar ruangan, sama seperti penderita asma atau penyakit pernafasan.''

Dapat Dukungan

Dr Alan Mensch, wakil presiden bidang medis di Syosset Hospital, di Syosset, NY, mendukung teori tersebut.

''Hasil penelitian ini tidak mengherankan karena polusi udara telah terbukti dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan termasuk pada orang dewasa, namun tidak terbatas pada kondisi paru-paru," kata Alan Mensch.

''Menghindari polusi udara, terutama pada hari-hari ketika ada peringatan pencemaran udara, jelas merupakan faktor penting untuk melestarikan kehamilan yang layak,'' tambahnya.***