SELATPANJANG - Innalillahiwainna ilaihirojiun, kabar duka menerpa masyarakat Kepulauan Meranti, Riau. Salah seorang Jamaah Calon Haji (JCH) meninggal dunia sehari sebelum memulai keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

Info ini disampaikan langsung Kakan Kemenag Kepulauan Meranti H Miskam Slamat melalui Kasi Haji H Hasbullah, Minggu (6/8/2017).

Kata H Hasbullah, JCH yang meninggal dunia itu bernama M Isa, berusia 70 tahun. M Isa asal Pulau Merbau ini dikabarkan telah 5 hari dirawat di RSUD Kepulauan Meranti.

M Isa menghembuskan nafas terakhir lebih kurang pukul 05.00 WIB tanggal 6 Agustus 2017. Itu artinya, sehari sebelum berangkat ke Batam untuk menuju Madinah. JCH Meranti mulai melakukan keberangkatan menuju tanah suci pada tanggal 7 Agustus 2017 siang.

"Sebetulnya kondisi Pak Isa sudah cukup baik sehingga siap diberangkat besok," kata H Hasbullah.

Allah berkata lain. M Isa dipanggil menghadap-Nya, sementara istri M Isa Ramlah binti Comel tetap akan berangkat untuk menunaikan rukun Islam kelima itu.

Atas peristiwa ini, diakui H Hasbullah, mereka berkoordinasi dengan Kemenag Riau. Karena untuk proses penarikan cadangan (kekosongan yang ditinggalkan M Isa) dilakukan di provinsi. "Cadangan Meranti sudah habis. Provinsi yang akan menarik (cadangan) dari kabupaten kota lain," ujar H Hasbullah.

Bahkan, 2 JCH asal Kota Sagu yang kemarin dikabarkan bergabung dengan kloter 26, juga sudah masuk kloter induk. Kemudian bersama-sama berangkat menuju tanah suci pada tanggal 7 Agustus 2017. ***