PELALAWAN - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, dalam beberapa hari terakhir dapat dipadamkan. Areal yang terbakar berupa semak belukar dan lahan gambut.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan S.IK saat di konfirmasi, Minggu (6/8/2017) mengatakan, pemadaman Karhutla di Kecamatan Teluk meranti tinggal proses pendinginan. "Sabtu kemarin, hanya bersifat pendinginan dari sisa kebakaran dua hari lalu," katanya.

Pemadaman melibatkan tim udara dari perusahaan dengan menggunakan Helly Water Boombing dan untuk tim darat terdiri dari personil Polsek Teluk Meranti, Koramil, BPBD Pelalawan, Damkar Pelalawan, Tim RPK perusahaan dan BKO Tim Karlahut Polres Pelalawan.

Pemadaman sebelumnya sudah dilakukanhingga api dapat di jinakkan. Lanjut Kapolres Kaswandi Irwan, namun dikarenakan lokasi merupakan lahan gambut meski sudah terlihat padam dipermukaan, namun di dalam gambut masih terbakar.

"Dengan kerja keras tim, pendinginan dapat tercapai dengan maksimal sehingga lahan bekas terbakar tidak mengeluarkan asap lagi," jelasnya.

Kapolres Kaswandi Irwan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dengan dalih membersihkan semak apalagi di lahan gambut, agar kejadian kabut asap yang pernah terjadi beberapa tahun lalu tidak terulang kembali.

"Diharapkan masyarakat juga peduli dan berperan aktif mencegah kebakaran lahan dan hutan," pungkasnya.***