DURI, GORIAU.COM - Calon Gubernur Riau H. Jon Erizal, SE, MBA, disambut gembira oleh ibu-ibu dan para pedagang di Pasar Duri, Sabtu (27/7/2013). Para ibu-ibu berebut untuk berfoto bersama calon gubernur yang masih muda dan ganteng tersebut.

Seorang pedagang kelontong, Rina, merasa terkejut dikunjungi Calon Gubernur Riau yang berpasangan dengan Mambang Mit itu. Dia tidak menyangka bakal berjumpa dengan Jon Erizal yang selama ini dilihatnya dari baleho saja. ''Ooo, ini orangnya. Masih muda ya,'' ujar ibu dua anak itu.

Ibu-ibu yang lain tersenyum-senyum disalami oleh Jon Erizal. Mereka berebut untuk berfoto bersama. ''Ayo, mari angkat tangannya membentuk J-M,'' ajak Jon Erizal sambil memberikan contoh. Para ibu-ibu pedagang kaki lima (PKL) itu pun berfoto sambil mengacungkan tangan kanan dengan jari membentuk J-M (Jon Erizal-Mambang Mit).

Jon Erizal tak banyak berdialog dengan pedagang. Putra kelahiran Bengkalis itu hanya sempat menanyakan soal harga barang-barang di pasar. Menurut para pedagang, harga keperluan sehari-hari sedikit naik dari hari biasanya karena mendekati Lebaran. ''Saya berharap harga-harga tidak membumbung tinggi,'' ujar Jon Erizal.

Sambil blusukan ke pasar, Jon Erizal mampir ke Masjid Jami' yang berada di tengah Pasar Duri. Calon Gubernur Riau yang diusung PAN dan PKS itu menyempatkan diri membayar Zakat Fitrah untuk 17 orang anggota keluarganya. Zakat Fitra diterima oleh Amil Zakat Masjid Jami'.

''Biasanya Zakat Fitrah saya serahkan di masjid dekat rumah, sekarang saya serahkan di sini saja,'' ujarnya.

Blusukan ke Pasar Duri ini merupakan bagian dari perkenalan Jon Erizal kepada masyarakat Riau. Ternyata, sudah banyak masyarakat yang mengenal namanya, namun belum melihat wajahnya. ''Ternyata lebih ganteng dari di baleho atau kalender,'' kata Hj. Roslina, seorang ibu-ibu yang berbelanja di Pasar Duri. (rls)