DUMAI, GORIAU.COM - Pertanggal 1 September 2013, bekerja sama dengan Bank Mandiri Jalan Sudirman Dumai, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai mulai mengantisipasi kebocoran untuk salah satu sumber di Pendapatan Asli (PAD) daerah pada UPT Terminal Barang.

Kadishub Dumai, Taufiq Ibrahim, kepada GoRiau.com Senin (29/7/13) menyebutkan, selama ini dikabarkan terjadi kebocoran pada terminal barang yang merupakan salah satu sumber PAD di Dumai.

"Tidak akan ada lagi uang di dalam laci terminal barang karena kita sudah gunakan I Tall Card sebagai sarana transaksi di terminal barang, jika masih kedapatan uang di terminal barang kita akan lakukan tindakan tegas." katanya.

Dijelaskan, Taufiq, ini salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran uang daerah yang di dapat dari terminal barang.

"Sistemnya, dengan menempelkan sim card ini maka akan mengeluarkan struk jalan bagi perusahaan transportasi bagi tiap mbil masuk dan keluar, dan kita sudah koordinasi dengan perusahaan jasa transportasi," sebutnya.

"Saya harap dengan program ini maka bisa meningkatkan PAD untuk Kota Dumai, demi pendapatan daerah, ini pertama kali kita laksanakan demi mengintensifkan pendapatan daerah dari kebocoran," harapnya.

Kepala Bank Mandiri, Jalan Sudirman, Ony Widodo, menambahkan, cara I-Tall Card ini sudah banyak kita gunakan untuk beberapa daerah seperti Medan dan Belawan.

"Harapan ini bisa kita penuhi dengan I-Tall Card ini dalam transaksi di jalan tol dan terminal barang." jelasnya.

Bank Mandiri memberikan alat yang tepat menurut, Ony Widodo, karena sudah efektif dilakukan oleh sejumlah provinsi dan kota besar lain seperti Medan.

"I-Tall itu kartu prabayar, smart card yang diterbitkan mandiri untuk transaksi yang terstruktur diterbitkan oleh Bank Mandiri," ungkapnya.

Pihaknya, kata Ony, tidak memungut biaya kepada pihak dishub, namun yang diisi kepada perusahaan transportasi bisa diisi paling banyak Rp1 juta."Perusahaan bisa mengisi tanpa melalui SMS dan internet banking dengan nomor serial yang ada di I-Tall Card," sebutnya.(egy)