BOGOR -- Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan pengoperasian jalan tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau, Jumat (25/9/2020) siang.

Dikutip dari Kompas.com, Jokowi melakukan peresmian secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor. Sementara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Riau Syamsuar dan sejumlah pejabat lainnya berada di gerbang tol Dumai.

Meski meresmikannya dari Istana Kepresiden Bogor, Jokowi tetap mengenakan helm dan rompi proyek, layaknya para pejabat yang berada di lokasi gerbang jalan tol.

Layar di belakang Jokowi bergambar gerbang tol Dumai sehingga membuat Jokowi seolah hadir langsung di lokasi.

Dalam sambutannya, Jokowi meyakini ruas tol Pekanbaru-Dumai ini akan meningkatkan konektivitas di Provinsi Riau yang berujung pada perbaikan ekonomi.

''Ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan, dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju,'' kata Jokowi.

Jokowi pun berpesan agar seluruh masyarakat Riau memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya.

''Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai,'' ujar Jokowi.

Tol Pekanbaru-Dumai ini membentang sepanjang 131 kilometer dan telah memenuhi persyaratan laik operasi sebagai jalan tol.

Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari enam seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer, seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer, dan seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer.

Kemudian seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer dan seksi 6 (Duri Utara- Dumai) sepanjang 25,05 kilometer. ***