PEKANBARU - Jembatan ponton penumpang Pelabuhan Tanjung Buton, di Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (7/1/2020), roboh. Jembatan yang terbuat dari besi itu lepas dari sambungannya yang berada di ponton, sekitar pukul 15.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Taufiq OH saat dikonfirmasi GoRiau.com membenarkan adanya kejadian tersebut. Robohnya jembatan ponton penumpang Pelabuhan Tanjung Buton disebabkan gelombang kuat.

"Kejadiannya kemarin siang, karena gelombang kuat yang membuat engsel ponton yang tersambung ke jembatan lepas," kata Taufiq, Rabu (8/1/2020).

Dikatakan Taufiq, dampak lepasnya jembatan dari ponton pelabuhan penumpang tersebut, retakan pada tiang pondasi pelabuhan bertambah besar.

"Saat kejadian ponton tersebut sudah tidak dipergunakan. Saat ini ponton sudah diikat dengan tali. Hari ini anggota Dinas Perhubungan Riau turun ke sana, sekaligus survei untuk pembangunan ponton baru," ungkap Taufiq.

Saat kejadian robohnya jembatan ponton tersebut tidak ada korban jiwa. Ponton tersebut sudah lama tidak digunakan untuk melayani penumpang. ***