PEKANBARU - PSPS Riau hingga ini masih belum mendapatkan lawan yang sepadan untuk menguji sejauhmana kekuatan dan kekurangan yang sudah dibangun kurang lebih selama 2 bulan ini.

PSPS Riau memang sudah beberapa kali melakoni laga uji coba, diantaranya menghadapi PPLP Riau dan juga peserta Liga 3 Zona Riau Nusa Indah Permai (NIP).

Pelatih Kepala PSPS Riau, Yusup Prasetyo mengungkapkan hasratnya untuk bisa melakoni uji coba dengan lawan yang sepadan, terlebih lagi tim-tim peserta Liga 2 Indonesia sudah banyak melakoni uji coba dan juga melakoni training center (TC).

"Untuk mencari skema terbaik, mencari kesalahan dan kemudian melakukan evaluasi. Itu kesulitan yang kita (PSPS) hadapi saat ini," ucapnya, Kamis (21/7/2022).

Pria berusia 32 tahun ini mencontohkan PSIM Yogyakarta, awal-awal melakoni uji coba PSIM belum mendapatkan hasil yang terbaik. Namun seiring berjalannya waktu permainan PSIM semakin membaik karena belajar dari kesalahan ketika melakukan uji coba.

"Kalau kita sampai sekarang gak ada lawan yang seimbang, jadi itu kekurangan PSPS saat ini. Kalau PPLP dan NIP itu masih jauh dibawah PSPS, gak bisa dipatokan disitu," jelasnya.

Dengan tidak adanya uji coba dengan tim-tim yang memiliki kekuatan sepadan dengan Askar Bertuah, Yoyo mengungkapkan saat ini pekerjaan rumah terberat bagi para pelatih adalah mencari formula terbaik dan mencari kesalahan dari hasil latihan sejauh ini.

"Kita gak bisa berbuat apa-apa karena itu manajemen yang menyetujui, kalau di lapangan kita tetap latihan dan kita menunggu kapan uji coba dengan lawan yang seimbang," ucap pelatih yang akrab disapa Yoyo ini.

Sejatinya PSPS Riau pada tanggal 12 Juli lalu akan melakoni uji coba dengan tim asal Malaysia, Kelantan FC. Namun laga uji coba yang hanya tinggal menunggu jam ini tiba-tiba harus dibatalkan karena alasan keamanan.

Padahal Stadion Utama Riau sudah disesaki penonton dan kedua tim juga sudah berada di dalam lapangan.

Setelah kegagalan uji coba itu Yoyo mengungkapkan kondisi pemainnya saat ini masih terus semangat menjalani latihan dan sesi latihan juga sejauh ini masih berjalan dengan baik.

"Itu harus kita siasati yang jelas, namun anak-anak masih terus semangat jalani latihan dan tidak kita kendurkan sedikitpun," tutupnya. ***