JAKARTA - Indonesia siap menjadi tuan rumah Kejuaraan Bola Basket FIBA Asia Cup 2022 yang akan digelar di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, 12-14 Juli 2022. Namun,  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menginginkan sejumlah kesuksesan yang harus dicapai.

Menurut Menpora Amali, pihaknya telah mencanangkan sejumlah target kesuksesan yang harus dicapai yakni sukses penyelenggaraan kegiatan, sukses prestasi Tim Nasional Bola Basket Indonesia hingga sukses administrasi.

Pernyataan ini disampaikan Menpora Amali usai melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Kementerian dan Lembaga terkait persiapan FIBA Asia Cup 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senin (27/6/2022).

"Kita tidak hanya mau sukses penyelenggaraan, Timnasnya bagus masuk FIBA World Cup atau lolos dari FIBA Asia Cup. Tetapi bermasalah secara administrasi, itu yang kita nggak mau," kata Menpora Amali.

Sebab, Menpora Amali menegaskan bahwa tata kelola pengelolaan keuangan menjadi hal yang penting bagi instansi pemerintah. "Pengelolaan keuangan sangat penting bagi kita semua, terutama bagi kami di Kemenpora yang sekarang ini sedang serius membenahi tata kelola di internal," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali juga mengungkapkan bahwa persiapan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 sudah rampung dan Indonesia siap menjamu tamu dari berbagai negara peserta.

Menpora Amali memastikan semua kementerian dan lembaga berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan ini. Hal-hal yang menjadi catatan kementerian dan lembaga terkait dalam rapat ini adalah terkait penerapan protokol kesehatan mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Sementara itu, pihak keamanan dari Kepolisian siap mengamankan para peserta yang berdatangan dan dipastikan mendapatkan pelayanan yang baik dan mereka nyaman bertanding di Indonesia.

"Jadi itu yang kami koordinasikan dan alhamdulillah tadi kita bagus saling memberikan dukungan dan memberikan catatan apabila ada hal yang masih perlu untuk kerjakan selanjutnya," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Danny Kosasih, mengatakan Timnas Bola Basket Indonesia yang sudah kembali ke Tanah Air setelah melakukan pertandingan uji coba dengan tim divisi 1 Australia siap bertanding di FIBA Asia CUP 2022.

"Tim nasional siap untuk bertanding baik di babak kualifikasi FIBA Asia menuju FIBA World Cup. Dan nanti ke FIBA Asia kejuaraan harus bisa masuk 8 besar. Kami sampaikan ini sudah siap dan sudah mulai latihan," ucapnya.

Pada Kejuaraan Bola Basket FIBA Asia Cup 2022 ini, Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Indonesia bersaing di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan juara bertahan Australia. ***