BATAM - Setelah menempuh perjalanan sekitar tujuh jam dari pelabuhan Dumai menggunakan kapal MV Batam Jet 6, 207 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bengkalis asal Kecamatan Mandau, Sabtu petang (5/8/2017), sekitar pukul 15.30 WIB, tiba dengan selamat di pelabuhan Sekupang Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kedatangan JCH asal Mandau yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 8 BTH (Embarkasi Batam) bersama JCH Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) itu, disambut Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang diwakili Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum yang didampingi suaminya H Rozali Saidun.

“Meskipun dalam perjalanan tadi ada sekitar 2-3 orang yang mabuk laut karena gelombang cukup tinggi, namun seluruh JCH dalam keadaan sehat walafi’at,” jelas Khaidir, sekitar pukul 15.35 WIB lalu.

Selain Khaidir staf Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis lainnya yang ikut menyertai JCH asal Mandau sejak dari pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis adalah Indra Jaya.

Menggunakan sejumlah bus yang sudah dipersiapkan panitia penyelenggara haji, dari pelabuhan Sekupang, para JCH asal Mandau itu langsung menuju Asrama Haji Batam di Jln Engku Putri, Teluk Tering, Batam Kota.

Selain untuk istrirahat semalam, di Asrama Haji Batam para JCH tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan mengurus administrasi keberangkatan lainnya.

JCH Kloter 8 BTH ini akan bertolak ke Tanah Suci Mekkah melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam sekitar pukul 23.50 WIB, Ahad malam (6/8/2017) besok. Seperti JCH Kloter 5 BTH, mereka khabarnya juga akan diberangkatan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines.

Dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, para JCH dari Bengkalis dan Inhil ini akan bertolak ke Tanah Suci Mekkah Al-Mukarramah melalui Madinah Al-Munawarah.

Jika tidak ada perubahan jam keberangkatan, sebagaimana JCH Kloter 5 BTH, mereka diperkirakan tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz Madinah, sekitar pukul 04.40 Subuh waktu setempat, keesokan harinya. ***