PEKANBARU, GORIAU.COM - Embun (fog) pekat terjadi di Pekanbaru, Minggu (28/7/2013) pagi. Akibatnya pesawat Mandala IR 070 dari Jakarta menuju Pekanbaru gagal mendarat dan dialihkan ke Medan karena jarak pandang hanya 800 meter.

Embun terlihat pekat pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 Wib pagi tadi, sehingga jarak pandang hanya 800 meter di Bandara Sultan Syarif Kasim II.

''Mandala dari Jakarta harusnya sudah mendarat pukul 06.55 WIB tadi. Pesawat akan kembali ke Pekanbaru jika cuaca sudah normal,'' ujar Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Hasnan, kepada Tempo melalui Pesan BlackBerry, Ahad (28/7/2013).

Hasnan memastikan gangguan penerbangan itu akibat fog, bukan kabut asap. Menurut dia, informasi dari BMKG Bandara SSK II menyebutkan kelembapan fog mencapai 98 persen, dan saat ini tidak terdeteksi titik api di wilayah Riau.

Fog adalah awan lembap yang terjadi pada permukaan bumi yang mengandung jutaan butiran air yang sangat kecil dan melayang-layang di udara. Sementara itu, untuk jadwal keberangkatan dari Pekanbaru dianggap berjalan normal, namun sempat tertunda beberapa menit.

''Keberangkatan sudah terbang. Tadi hanya delay beberapa menit. Dan ini masih normal dan wajar. Lion tujuan Jakarta sudah terbang,'' Hasnan menjelaskan. ***