SELATPANJANG, GORIAU.COM - Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, Selasa (4/3/2014) siang membuka secara resmi ekspor perdana timah meranti di Desa Topang Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Dalam ekspor perdana ini, PT Wahana Perkit Jaya (WPJ) selaku pengekplorasi dan pencetak akan mengekspor sebanyak 100 ton.

Dalam sambutannya, Irwan bersyukur apa yang dilakukan selama ini dalam mensukseskan usaha pertambangan timah di Kabupaten termuda di Riau itu membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan.

Ia juga mengatakan, proses yang dilalui baik PT WPJ maupun Pemkab Meranti tidaklah mudah. Mulai dari perizinan hingga sampai ke pengeksporan hasil itu memakan waktu selama lebih kurang 4 tahun.

"4 tahun mulai perizinan sampai saat ini, ini memang membutuhkan kerja keras dan kesungguhan yang luar biasa karena banyak tantangan dan rintangan yang harus dilalui," kata Irwan.

Irwan juga mengatakan, ini akan dijadikan sebagai tonggak sejarah untuk Kabupaten Kepulauan Meran Provinsi Riau.

"Dulu banyak pihak menyangsikan peleburan dan permurnian (smelter, red) timah di Meranti. Tapi hari ini kita membuktikan bahwa Kabupaten kita bisa," tambah Irwan lagi.

Disamping itu, orang nomor 1 di Kepulauan Meranti ini juga berharap dengan adanya smelter timah akan bisa mengatasi pengangguran di Pulau Topang. Perusahaan diminta bermitra dengan baik ke masyarakat, dan masyarakat diminta sama-sama menjaga aset perusahaan dan menjaga keamanan di kampung.

"Kita harap dengan ini pengangguran bisa diatasi dengan maksimal. Perusahaan harus bermitra dengan baik ke masyarakat, sehingga manfaat perusahaan dapat dinikmati dengan baik pula oleh masyarakat. Mudah-mudahan dengan kehadiran PT WJP ini akan bermanfaat pula pada pendapatan APBD, dan ekonomi masyarakat kita," ungkap Irwan lagi.

Akhirnya, tepat pukul 12:27 WIB ekspor perdana timah dibuka secara resmi. Pembukaan ini juga diikuti dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi pada batangan timah siap ekspor.

Turut hadir pada siang itu, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Ketua DPRD Riau Johar Firdaus, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Hafizoh SAg, Kadistamben Meranti H Herman, Ketua Yayasan Pejuang Meranti Ramlan, Ketua LAMR Meranti H Ridwan Hasan, Ketua MUI Meranti Nizam Munadi, dan pihak PT WJP serta beberapa pihak dan undangan lainnya.(zal)