PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Bupati Rohul Drs. H. Achmad, MSi punya cara hidup sehat. Karena itu dia ingin berbagi tips sehat dengan masyarakat. Seperti yang dilakukannya saat berkunjung ke Kecamatan Rambah Samo, Kamis (16/1/2014) sore. Kepada masyarakat, Achmad berbagai tips.

''Ada tiga komponen supaya masyarakat tetap sehat, yakni, pertama makanlah sesuai yang dibutuhkan tubuh, makanlah sebagaimana nabi Muhammad SAW menyampaikan makanlah sebelum lapar, berhentilah makan sebelum kenyang,'' ujarnya.

Kedua istirahat yang cukup, maka aturalah waktu istrihat, tubuh juga punya hak untuk istrihat, dalam sehari semalam 24 jam, Allah SWT sudah membaginya, sesuai kehidupan manusia, yakni delapan jam untuk bekerja, delapan jam untuk beribadah dan delapan jam untuk istrihat.

''Jangan waktu beribadah digunakan untuk kerja, jangan pula waktu istirahat digunakan untuk beribadah, maka atur waktu itu sesuai kebutuhan dan ketentuan,'' kata Achmad.

Ketiga, jangan terlalu memforsirkan pikiran, maka tenangkan hati dengan beribadah. Jika pikiran kacau dan tidak stabil maka akan mudah mendatangkan penyakit, maka harus diimbangi dengan penenangan hati dan itu bisa dilakukan dengan dzikir untuk memfokuskan pikiran pada Allah.

''Jangan waktu baring di kamar, terlihat langit-langit rumah belum cantik atau tetangga sebelah beli mobil, sehingga membuat kita tak tenang, cukupkan saja apa adanya, tenangkan sebab rezki sudah ada ketentuan,'' terang Achmad.

Jelas bupati Rohul lagi, tahun ini pemerintah pusat membuat kebijakan ada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), biaya pengobatan ditangung pemerintah baik itu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tingkat kabupaten maupun provinsi. (srt)