TELUKKUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing) menyampaikan beberapa rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban - Akhir Masa Jabatan (LKPj-AMJ) Bupati Kuansing periode 2011-2016.

Penyampaian rekomendasi ini disampaikan juru bicara DPRD Kuansing, Rustam Effendi, SSos saat paripurna, Rabu (25/5/2016) lalu.

Untuk sektor pariwisata, DPRD berharap agar obyek wisata dikelolah secara professional, mulai dari pengawasan dan pengelolaan yang bertanggungjawab dan bisa mendatangkan wisatawan.

"Selanjutnya, infrastruktur jalan menuju aset wisata ini agar dibangun, karena menurutnya sangat penting dalam mengembangkan wisata," ujar Rustam.

Mengenai pendidikan, lanjut dia, peningkatan kualitas dan kuantitas menjadi sangat penting. Ke depan untuk membenahi yang masih kurang, dan dapat meningkatkan sarana dan prasarana, seperti meubiler. "Muutu kompetensi guru dipacu agar anak-anak dapat peroleh ilmu yang berkualitas," katanya.

Sementara, untuk tenaga kerja, kata Rustam, DPRD Kuansing mendorong pemerintah selanjutnya untuk membuka peluang kerjasama dengan pihak swasta agar mengakomodir tenaga kerja lokal.

Di sektor pertanian dan perkebunan, DPRD menyarankan kedepan agar pemerintah memberi bantuan berupa modal kepada petani, termasuk juga di sektor perikanan. Dan begitu pula untuk sektor lingkungan hidup, kedepan, penataan kawasan limbah selalu diawasi pembuatan, program dan pengawasannya secara terpadu dengan melibatkan unsur masyarakat sekitar.

Dikatakan Rustam, suksesnya penyelenggaran pemerintahan tidak terlepas dari peran PNS maupun honorer. Ke depan pemerintah hendaknya dapat meningkatkan kinerja dan disiplin, tentu harus disesuaikan dengan keuangan daerah dan ditata sesuai kebutuhan.

DPRD berharap, pemerintahan kedepan berjalan stabil, pembangunan berkelanjutan sehingga terbangun sinergi dan pembangunan sampai ke masyarakat.

"Disamping banyak kemajuan yang telah dicapai oleh Bupati Sukarmis, namun kadang terdapat juga kelemahan. Dan kita yakin, dengan niat yang baik Allah akan membalasnya dengan apa yang kita perbuat," tutup Rustam.***