DUMAI - Kota Dumai di Provinsi Riau, saat ini memiliki Komunitas Baca untuk mewujudkan Dumai Pintar. Alasan ada komunitas ini, karena minimnya pelajar di Dumai yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama.

Dengan tema Dugem (Dumai Gemar Membaca), komunitas ini mengajak pelajar SD sampai SMA untuk gemar membaca buku. Menurunnya kualitas pendidikan di Kota Dumai diakibatkan kurangnya kepedulian pelajar dalam membaca buku.

Hal itu disampaikan Anil Kapoor salah seorang pegurus Komunitas Baca Dumai kepada GoRiau.com, Sabtu (2/7/2016). "Tahun ini, pelajar Dumai sangat sedikit yang diterima PTN ternama, dibandingkan tahun lalu," bebernya.

Untuk membangkitkan pendidikan di Dumai, sambungnya, komunitas ini mengajak pelajar untuk giat membaca buku. Dengan membaca buku, banyak informasi dan menambah wawasan.

"Sejauh ini kita sudah memiliki 400 buku. Tarhetnya bulan ini kita bisa mengumpulkan 1.000 buku," ujarnya.

Komunitas Baca, sambungnya, akan membuat perpustakaan keliling. Sehingga masyarakat dapat membaca buku gratis mulai dari pelajar SD sampai SMA, sesuai dengan pendidikannya.

"Untuk itu, kita (Komunitas Baca, red) butuh dukungan seluruh pihak dalam mensukseskan Dumai Gemar Membaca," tutupnya menjelaskan. Komunitas Baca saat ini telah mendapatkan dukungan dari Hotel Grand Zuri Dumai, dan masih membutuhkan dukungan yang lain.***