JAKARTA - Indonesia akan memberangkatkan lima atlet Binaraga dan Fitness untuk  tampil pada Kejuaraan Dunia Binaraga Fitness bertajuk 13th World Bodybuilding Physique Sports Championships 2022 yang akan berlangsung di Phuket,Thailand, 8-11 Desember 2022 nanti.

Kelima atlet tersebut yakni peraih emas Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua dan Cornelis Amo (kelas 60kg), Edoardus Apcowo (kelas 70kg), Slamat Hariyanto (kelas Sports Physique), atlet Women Model Physique, Firma Diana dari Jawa Timur (Up To 170Cm), dan Nilawaty Law dari DKI Jakarta (kelas Over 170 Cm).

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PP PBFI), Irwan Alwi mengatakan di Jakarta, Selasa (6/12/2022), berharap kelima atlet bisa memberikan prestasi terbaik pada kejuaraan dunia yang diikuti 58 negara anggota Federasi WBPF itu.

"Kita berharap Cornelis Amo dan Edoardus Apcowo bisa meraih prestasi terbaik. Keduanya merupakan atlet binaraga yang akan diusulkan berangkat memperkuat Kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja," kata Irwan Alwi.

Sebelumnya, PP-PBFI juga telah mengirimkan 6 Atlet dalam mengikuti kejuaraan Invitation Antar negara Tetangga di Singapura, 25-26 November 2022. Di kejuaraan itu, Indonesia berhasil meraih 3 medali emas dan 1 perunggu.

Medali emas disumbangkan Muswar Iwan Samurai (Sumatera Barat) di kelas 70kg, Akbar Azmi (Jawa Timur) di kelas 75kg, dan Narjiono (Jawa Tengah) di kelas Men's Sports Physique). Sedangkan 1 medali perunggu dihasilkan lewat Akram (Batam/Kepulauan Riau) di kelas 65kg.

"Kesuksesan meraih 3 emas di Singapura itu menunjukan bahwa Binaraga Fitness Indonesia masih disegani di kawawan ASEAN. Makanya, binaraga berpeluang meraih 4 medali emas di SEA Games 2023 Kamboja," tandas Irwan Alwi. ***