DUBAI -- Harapan Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam di laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021) malam WIB, malah berbuah sebaliknya. Justru, Vietnam yang menggilas Indonesia 0-4.

Dikutip dari Kompas.com, keempat gol Vietnam itu dicetak oleh Nguyen Tien Linh (51'), Nguyen Quang Hai (62'), Nguyen Phuong Cong (67'), dan Van Thanh Vu (72').

Seusai pertandingan, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia, mengungkapkan penyebab kekalahan anak-anak asuhnya.

Menurut Shin Tae-yong, wasit Ahmad Al-ali, telah merusak ritme permainan Timnas Indonesia sehingga tidak mampu membendung Vietnam.

''Sebelum laga, saya mengatakan peluang ada untuk kedua tim dan saya masih berpikir itu benar hingga babak babak kedua,'' kata Shin Tae-yong, dilansir dari vnexpress.net, Selasa pagi WIB.

''Namun, kemudian tempo permainan berubah terlalu cepat. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya.''

Shin Tae-yong mengeluhkan wasit yang tidak memberikan hukuman kepada Vietnam saat melanggar pemain Timnas Indonesia.

Akibat sikap wasit tersebut, lanjut Shin Tae-yong, Timnas Indonesia pun kehilangan ritme permainan.

''Kami kebobolan gol pertama setelah kehilangan bola. Namun, gol kedua lahir dari kesalahan wasit,'' tutur pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan.

''Terjadi pelanggaran, tapi dia (wasit) tidak menindaknya dengan tepat.''

''Dia membuat Indonesia kehilangan ritme dan bermain dengan cara yang tidak kami inginkan,'' kata Shin Tae-yong lagi.

Kendati kecewa dengan kekalahan telak ini, Shin Tae-yong tetap puas karena para pemain Timnas Indonesia telah menampilkan perjuangan keras melawan Vietnam.

''Saya tidak mengharapkan hasil seperti ini. Kami kalah hari ini, tapi kami telah bermain dengan 100 persen kekuatan kami,'' tutur Shin Tae-yong.

''Selamat kepada Park Hang-seo dan Vietnam untuk kemenangan ini,'' ujar dia menambahkan.

Seusai laga Timnas Indonesia vs Vietnam, skuad Garuda harus bangkit untuk melawan Uni Emirat Arab (UEA) pada pertandingan kedelapan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.***