RATCHABURI - Timnas Basket U-18 Putri Indonesia mengawali langkah manis di SEABA U-18 Women’s 2024. Mereka sukses amankan kemenangan perdana usai mengalahkan Malaysia U-18 dengan skor 57-46 di Ratchaburi, Thailand, Jumat (24/5/2024) sore.

Mengawali pertandingan dengan defisit 2 angka, para pemain muda Indonesia ini langsung merespons. Mereka membalikkan keunggulan jadi 3-2 ketika pertandingan berjalan tiga menit.

Setelah itu, kedua tim saling pamer akurasi tembakan. Malaysia mampu memperbaiki penampilan dan produki lebih banyak poin hingga kuarter pertama ditutup dengan kedudukan 18-10 untuk Malaysia U-18.

Timnas Basket U-18 Putri menolak menyerah. Mereka membalas memasuki kuarter kedua. Perolehan poin sampai ketat karena kedua tim saling menyalip dalam perolehan tim.  Hingga akhirnya kedudukan sampai sama kuat 23-23 menjelang akhir putaran kedua. Kemudian akurasi pemain Indonesia terjaga yang kemudian menutup kuarter kedua dengan keunggulan 26-23.

Usai turun minum, pemain Indonesia menunjukkan agresifitas dalam bermain. Pemain Malaysia juga gak mau kalah menekan. Skor pun sering sama, dari 26-26 dan Indonesia melesat ke dengan keunggulan angka 33-26. Namun, Malaysia U-18 juga gak mau menyerah.

Mereka terus memberikan perlawanan hingga mampu membalikkan keadaan. Kuarter ketiga sukses diambil Malaysia dengan keunggulan 39-36

Memasuki kuarter keempat, jarak poin 41-36 ini kemudian dipangkas melalui tembakan tiga angka Putu Kezia Angelie Setiawan ketika pertandingan hampir berjalan 2 menit.

Merasa mendapatkan angin segar, pemain muda Indonesia terus melakukan percobaan. Hasilnya, mereka mampu memangkas jarak dan menyamakan kedudukan menjadi 43-43 saat kuarter keempat sisakan 6 menit 30 detik.

Selanjutnya Nathania Nicole Sasongko dkk melesat. Mereka terus produksi poin hingga balik memimpin dengan kedudukan 49-44 saat pertandingan sisakan 2 menit 51 detik. Hingga akhir pertandingan, Malaysia hanya mampu menambah dua angka saja. Pertandingan perdana ini pun menjaid milik Indonesia dengan keunggulan 57-46.

Di laga ini, Keira Ammabel Hadinoto menjadi pencetak skor terbanyak untuk Indonesia usai membukukan 17 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Kemudian di urutan kedua ada Anggita Yuliani Putri 10 poin dan 9 rebound.

GoRiau Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi
Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi. (PP Perbasi)

Usai pertandingan, General Manager Timnas Basket U-18 Putri Dedy Setiawan menjelaskan bahwa para pemain bermain agak gugup di awal kuarter. Namun hal itu berupaya dipahami olehnya.

Sebab, di uji coba selama di Bali dan Jakarta juga sekali di Thailand, permainan timnas memang suka telat panas. Namun setelah mereka menemukan ritme permainan di lapangan, mereka langsung gaspol.

“Anak-anak masih gugup di awal pertandingan. Ini adalah laga perdana di ajang ini. Tapi saya melihat situasi ini sepertinya menjadi karakter tim ini. Lambat panas,” terang Dedy.

Dedy menilai, kemenangan ini sangat berarti bagi para pemain. Mental bermain mereka akan semakin menebal setelah awali perjalanan di ajang ini dengan kemenangan.

“Kemenangan ini awal yang baik untuk menaikkan mental anak-anak. Mereka lebih percaya diri mengingat Malaysia juga akan menjadi lawan di FIBA U-18 Women’s Asia Cup nanti di China,” jelas Dedy.

Kemenangan perdana ini diapresiasi Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi. Sekjen wanita pertama di federas Bolabasket Indonesia ini melihat para pemain tanpa lelah melakukan perlawanan kepada Malaysia sepanjang pertandingan.

Bahkan, saat mereka dalam kedudukan tertinggal pun tidak peduli. Mereka tetap fokus memberikan perlawanan dengan menunjukkan permainan terbaik dan berupaya memenangkan pertandingan.

“Selamat buat para pemain, coaching staff, dan manajemen Timnas Basket U-18 Putri. Semangat yang luar biasa telah ditunjukkan saat kalahkan Malaysia. Terus berupaya saat tertinggal hingga akhirnya mampu balikkan keadaan,” jelas Nirmala.

“Kami berharap kemenangan ini membuat pemain menjadi lebih percaya diri dan permainannya lebih berkembang lagi di pertandingan selanjutnya,” terang Nirmala. ***