JAKARTA - Raizel Calago baru berusia 16 tahun, namun wajah gadis remaja ini sudah seperti nenek-nenek berusia di atas 60 tahun.

Dikutip dari sindonews.com yang melansir Oddity Central, perubahan wajah Calago yang mulanya cantik menjadi seperti nenek-nenek itu disebabkan penyakit langka yang disebut progeria.

Penyakit ini membuat fisik Calago terlihat empat kali lebih tua daripada usianya. Hanya dalam waktu 2 tahun, Calago berubah dari gadis muda yang cantik menjadi wanita tua.

Akibat kondisinya ini, ia bahkan kerap disangka sebagai nenek-nenek oleh sebagian orang. Dilansir dari Oddity Central, Sabtu (9/10/2021), Calago mengatakan mulai melihat kerutan di kulitnya dalam beberapa hari setelah ruam muncul di sekujur tubuh.

Ia merasakan bintik-bintik merah dan gatal yang menyakitkan. Rasa sakit tersebut muncul ketika bintik merah itu disentuh. Ketika ia pergi untuk melakukan pemeriksaan, Calago diberitahu bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh serangga. Ia pun akhirnya diberi obat, tetapi itu tidak membantu.

Usai menerima obat itu, Calago mulai mengalami perubahan fisik pada penampilannya yang tampak menyerupai nenek-nenek. Kondisi yang dialami Calago ini membuat hati sang ibu menjadi terluka.

''Sangat menyakitkan ketika mereka memberi tahu saya bahwa putri saya terlihat lebih tua dari saya. Kadang-kadang, saya membayangkannya ketika dia menjadi tua dan melihat betapa cantiknya dia,'' kata ibu Calago, Joela.

Joela menambahkan bahwa Calago tampak sangat cantik sejak masih bayi. Tetapi saat ini wajahnya sangat jauh dari saat masih muda. Sejak penampilannya berubah, Calago juga malu untuk bergaul dengan teman-temannya seperti dulu.

Ia memilih menghindari keluar tanpa masker yang menutupi sebagian besar wajahnya. Calago berharap agar kondisinya kembali seperti semula.

''Mereka bertanya kepada saya mengapa penampilan saya semakin tua. Saya tidak menjawabnya karena saya juga tidak tahu apa yang terjadi. Saya selalu berdoa agar saya menjadi lebih baik dan kulit serta penampilan saya yang lama akan kembali,'' ujar Calago.

Belum lama ini Calago tampil di acara TV populer Kapuso Mo, Jessica Soho dan tim produksi acara membawanya ke ahli endokrinologi dr James Young. Pada saat itu dokter mendiagnosis dirinya mengalami progeria.

Menurut dokter, kondisi yang sangat langka ini menyebabkan kerutan atau penuaan pada kulit. Selain itu pertumbuhan menjadi terhambat dan meningkatkan risiko mengalami serangan jantung , gagal jantung, dan stroke .

Sayangnya, perubahan fisik yang disebabkan oleh progeria tidak dapat disembuhkan sehingga yang dapat dilakukan dokter sekarang adalah melakukan yang terbaik untuk mencegah munculnya masalah kardiovaskular.

Di sisi lain, dokter juga mengupayakan pengobatan osteoporosis dan masalah persendian yang menjadi dua efek samping paling umum dari progeria.***