BANDUNG - Penjaga gawang senior Persib Bandung, I Made Wirawan mengungkapkan betapa pentingnya ia dan rekan-rekan untuk menemukan kembali mental bertanding yang kuat guna memenangkan setiap pertandingan. Makanya, Tim Maung Bandung sangat membutuhkan laga uji coba menjelang kembali bergulir Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020.

"Saat ini istilahnya mental bertandingnya karena kita sudah lama tidak berada di situasi pertandingan sesungguhnya, itu mungkin yang sedikit kurang," kata I Made Wirawan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/8/2020). 

I Made percaya program pelatih Robert Alberts mengembalikan performa terbaik tim melakukan restart di Shopee Liga 1. Dalam tujuh pekan kedepan Made harap pelatih menyiapkan pertandingan uji coba. "Mungkin pelatih sudah siapkan itu di beberapa minggu ini sebelum kompetisi dimulai," lanjut pemain 38 tahun tersebut.

Ditemui terpisah Robert Alberts pelatih Persib berusaha menyediakan hari untuk anak-anak asuhnya menguji kemampuan pasca jeda. Namun itu dinilainya tidak akan mudah dengan situasi saat ini terkait Covid-19. Tim-tim Liga 1 atau Liga 2 pun sibuk dengan persiapannya masing-masing menyambut kompetisi.

"Tentunya itu (uji coba) akan kami upayakan tapi tidak mudah. Karena tidak mudah untuk memainkan latih tanding. Ada beberapa tim yang bersedia untuk latih tanding tapi sepertinya tidak memungkinkan. Mungkin kami harus pergi ke kota lain untuk bertanding di sana dan itu pun jika kami diundang," papar Robert.

Pertandingan uji coba kemungkinan baru bisa dilaksanakan pada bulan September. Saat ini Persib tengah mengembalikan ritme serta stamina usai libur lima bulan. Melalui latih tanding nanti diharapkan pemain mendapatkan kembali sentuhan juga mental bertanding dalam atmosfer pertandingan.

"Mungkin itu baru bisa dilakukan pada bulan depan, karena terlalu cepat dilakukan di bulan ini. Kami harus mengembalikan dulu ritme latihan dan membangun stamina dari pemain. Kami baru akan melihat kemungkinan uji coba di kemudian hari," tutur Robert. ***