DURI - Cukup lama vakum dalam kegiatan sosial dan ibadah di lingkungan Masjid Babul Khairat Jalan Nusantara, kini puluhan remaja masjid kembali membentuk suatu wadah untuk terciptanya generasi remaja Islam yang berakhlakul karimah, cerdas, berprestasi sehingga bermanfaat bagi diri sendiri, agama dan orang lain.

Demikian dikatakan Wardi, selaku pembina remaja masjid Babul Khairat kepada GoRiau.com disela kegiatan 17 Agustusan. "Wadah ini kembali dibentuk dengan menggunakan konsep Islam dan menerapkan asas musyawarah, mufakat serta amal jama'i (gotong royong) dalam segenap aktivitasnya," kata Wardi, Minggu (20/8/2017) pagi tadi

Wardi melihat jumlah remaja di lingkungan Masjid Babul Khairat ini cukup banyak. Jika tidak segera dibentuk persatuan remaja masjid ini dan berbagai kegiatan positif, dikhawatirkan pengaruh buruk akan mengampiri generasi muda di lingkungan Masjid Babul Khairat.

"Tercetusnya ide dan gagasan untuk membentuk suatu wadah, dimana para Remaja bisa mengembangkan kreatifitas dalam segala hal dan untuk mempererat tali silaturrahmi dan kerjasama dalam bermasyarakat. Selain itu juga dengan wadah ini, remaja bisa memanfaatkan waktu agar tidak terbuang sia-sia. Sambil belajar berorganisasi, bermasyarakat, berpendapat, bekerjasama dan bertanggung jawab," kata Wardi.

Sementara itu, Ketua Remaja Masjid Hadi didampingi Wakilnya Viki menyebutkan saat ini ada sekitar 30an remaja yang tergabung dengan Remaja Masjid Babul Khairat. Mereka mayoritas dari tingkat SMP dan SMA sederajat.

"Kita saat ini sudah membentuk forum remaja masjid Babul Khairat. Dan seluruh anggotanya akan kita ajak aktif di kegiatan sosial. Contohnya kegiatan soal itu seperti perlombaan 17 Agustus yang kita laksanakan hari ini, kita minta suport dari masyarakat berupa dana untuk membeli hadiah dan perlengkapan lainnya," kata Viki.

Adapun kegiatan dibidang ibadah yang dilakukan dan masih sesuai dengan momen 17 Agustus, remaja masjid juga membuat lomba azan dan membaca surat pendek serta doa hingga bacaan salat. Kegiatan remaja masjid ini akan tetap berlangsung hingga petang nanti dan ditutup dengan lomba panjat pinang. ***