PEKANBARU - Seorang penjambret di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Senin (22/1/2018) sore bonyok dan terluka di wajah, usai dihajar setelah merampas handphone milik korbannya bernama Edo. Pelaku gagal melarikan diri setelah dikejar hingga ke jalan buntu di daerah Pasar Bawah.

Aksi heroik Edo dan adiknya Putra ini terbilang nekat. Mereka mengejar penjambret yang kabur usai merampas handphone mereka. Apesnya, pelaku justru nyasar ke jalan buntu dan kehilangan cara untuk melarikan diri, hingga sempat terjadi perkelahian.

"Mereka berdua, kami juga berdua saat itu. Pas di jalan buntu dekat pasar bawah nggak tau lagi mau kabur ke mana. Kelahi kami di sana, yang satu kabur bawa handphone dan seorang lainnya ketangkap," tutur Putra, adik lelaki Edo yang tampak masih mengenakan seragam sekolah ini.

Peristiwa penjambretan itu terjadi di depan SMK 5, tempat Putra bersekolah. Adapun abangnya Edo datang ke sana untuk menjemput sang adik. Saat di depan sekolah korban sempat mengeluarkan handphone. Namun sekejap mata, tiba-tiba muncul penjambret.

"Yang ambil penjambret yang dibonceng (Dibelakang). Saya sama abang sedang berhenti dan langsung dirampas handphonenya. Lalu kita kejar. Mutar-mutar dia sampai ke Pasar Bawah," lanjut Putra saat berbincang dengan GoRiau.com.

Upaya kakak-adik ini membuahkan hasil, di mana salah seorang diantaranya berhasil ditangkap, meski handphone yang dicuri dibawa kabur oleh pelaku lainnya. Pelaku yang berhasil lolos itu menghilang setelah melompat dari motor ketika tiba di jalan buntu tersebut.

"Pas kami kelahi itu, warga setempat datang dan membantu. Kemudian ada polisi juga, sehingga langsung dibawa ke Polresta Pekanbaru," singkat Putra. Saat tiba di Polresta Pekanbaru, penjambret ini sudah dalam keadaan berdarah-darah di bagian wajah, dan ada luka lebam juga.

Ia langsung dimasukkan ke ruang SPKT Polresta Pekanbaru oleh Polantas yang mengevakuasinya dari lokasi dia ditangkap dan diamankan warga. Tak lama, pelaku kemudian dibawa ke ruang Reserse Kriminal lantai III Polresta Pekanbaru untuk diproses. ***