TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Calon Gubernur Riau TEPAT Herman Abdullah berjanji akan meningkatkan kesejahteraan nelayan dan petani Indragri Hilir (inhil). Ia berkunjung ke sejumlah pasar di Tembilahan Inhil dalam rangkaian kampanye di wilayah itu, Jumat (30/8/2013).


Beberapa pasar yang dikunjungi Herman seperti Pasar Terapung, Pasar Tembilahan dan Pasar Pagi di Inhil. Jarak masing-masing pasar yang relatif berjauhan itu dimanfaatkan Herman semaksimal mungkin menjaring aspirasi pedagang di nelayan di pasar itu.


Blusukan ke pasar ini Herman juga didamoingi istri Hj Evi Mairoza Herman, tim sukses dan juga diikuti Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Riau, H Amiruddin.


Banyak keluhan nelayan dan pedagang serta petani setempat, terutama soal kurangnya tangkapan nelayan karena pencemaran limbah. Keluhan ini juga disampikan kepada pihak HSNI.


''Kita siap membantu pak Herman untuk membersihkan sampah laut. Namun jadi atau tidak jadi pak Herman kita juga akan veruoaya membersihkan sampah,'' katanya sembar menambahkan penting memenangkan Herman.


Tercemarnya laut, katanya, diduga antara lain karena limbah beberapa perusahaan.


Kedatangan Herman ke sejumlah pasar itu disambut antusias pedagang, ada juga perwakilan warga Tionghoa.


Herman mengatatakan kepada nelayan dan petani dan pedagang pasar, jika dirinya memimpin Riau, akan membantu sarana nelayan dan petani untuk meningkatkan perekonomian mereka.


Ini katanya, sejalan dengan visi dan misinya mencalonkan sebagai Gubernur. ''Kalau saya terpilih kami akan bantu nelayan dan petani disini sesuai proporsinya,'' ujar Herman. (rls)