PEKANBARU - Salah satu cara untuk mengantisipasi penularan Covid-19 antar orang adalah dengan menggunakan masker. Selain masker medis, masker kain juga dinilai efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, meksipun masker kain juga efektif digunakan untuk mencegah penularan Covid-19. Namun masker kain memiliki batas waktu bisa digunakan.

"Kalau menggunakan masker kain untuk mencegah penularan Covid-19, maksimal hanya digunakan selama empat jam. Setelah itu harus diganti," kata Mimi, Jumat (18/9/2020).

Setelah digunakan, lanjut Mimi, masker kain dapat dicuci untuk nantinya digunakan kembali. Untuk itu, jika menggunakan masker kain untuk beraktivitas diluar ruangan, hendaknya menyiapkan masker cadangan.

"Sediakan masker kain cadangan ketika beraktivitas diluar ruangan. Menyimpan masker kain yang sudah digunakan juga tidak boleh sembarangan, masker kain yang sudah digunakan bungkus dengan plastik atau kantong kertas," jelasnya. ***