PEKANBARU - Polda Riau menggelar kegiatan vaksinasi massal dengan mengerahkan 210 tenaga vaksinator untuk memvaksin 5.150 warga yang berada di dua wilayah yakni Pekanbaru dan Kuantan Singingi, Selasa (7/9/2021).

Total vaksin yang disalurkan mencapai 5.150 dosis, yang terbagi 2.000 vaksin di Masjid Raya Annur, 2.000 vaksin di Gereja GBI Rayon 11, 650 vaksin di Ponpes Al Mujtahadah dan Ponpes KH Ahmad Dahlan Pekanbaru dan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 500 dosis.

Hadir pada vaksinasi di Kota Pekanbaru diantaranya Gubernur Syamsuar, Kapolda Irjen Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031 Wirabima Brigjen M Syeich Ismed, Kajati Riau, DPRD Kota dan Provinsi serta Walikota Pekanbaru dan Kapolresta Pekambaru.

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi menguraikan, dari 6.394.087 jumlah penduduk Provinsi Riau, ditargetkan 4.478.860 orang bisa divaksinasi. “Sampai saat ini yang sudah diberikan vaksin sebanyak 1.886.969 orang atau telah mencapai 42 persen dari total jumlah warga. Ini terus kita optimalkan agar pencapaian target bisa dipercepat," kata Agung.

"Kita lihat tren positif Covid-19 di Provinsi Riau dengan positivity terus menurun dari 31 persen di awal Agustus dan menurun sampai awal September menjadi 6 persen," lanjutnya.

Untuk itu, kegiatan vaksinasi akan terus dimaksimalkan pelaksanaannya, dimana capaian target harian yaitu sebanyak 19.000 dosis, yang akan dilakukan oleh Polda Riau dan jajaran. Bahkan di gedung vaksinasi center milik Polda Riau, bisa melayani 3.000 orang yang ingin divaksin setiap harinya.

Terakhir kata Agung, Polda Riau juga melakukan kegiatan vaksin dengan sistem antar jemput bagi kalangan lanjut usia (Lansia), vaksin door to door serta kegiatan vaksinasi kolaborasi dengan paguyuban, Ormas dan universitas serta mendorong pelaksanaan vaksinasi gotong royong di perusahaan.

“Vaksinasi juga dilakukan hingga ke lapisan masyarakat pedalaman yang tersebar disejumlah kabupaten di Riau seperti suku Talang Mamak, suku Sakai dan suku Bonai,” tutup Agung. ***