PEKANBARU – BMKG stasiun Pekanbaru merilis, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dan dapat disertai petir serta angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau, Senin (7/11/2022).

Demikian disampaikan, Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna. Ia berujar, hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi tadi. Lalu, masih akan mengguyur Riau hingga dini hari.

Hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja. Pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru.

Kemudian, pada siang hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru.

"Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau," kata Yasir.

Dijelaskan dia, dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hilir, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucapnya.

Dijelaskan dia, potensi tersebut dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir dan juga Rokan Hulu pada sore, malam atau dini hari.

Lebih lanjut dikatakan dia, suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Timur - Selatan dengan kecepatan 10 - 30 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya. ***