PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau mengevakuasi seekor Gajah Sumatera dari wilayah Desa Melayu Besar Kota, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Evakuasi ini dilakukan karena Gajah tersebut tidak lagi memiliki kawanan, sejak survei ya g dilakukan pada tahun 2018 lalu.

"Kita survei tahun 2018, hanya ada 1 ekor Gajah di Kantong Gajah Rokan Hilir. Gajah ini berjenis kelamin betina, dengan usia sudah 50 tahun dan bobot sekitar 4 ton," jelas Kepala BBKSDA Riau, Suharyono melalui keterangan persnya, Senin (27/7/2020).

Ia juga menjelaskan, evakuasi ini diputuskan, setelah pembahasan pada 22-26 Juli 2020 lalu, antara BBKSDA bersama Yayasan TNTN, Wildlife Conservation Indonesia, kepolisian dan masyarakat mempertimbangkan keselamatan individu, peluang berkembang biak dan pencegahan konflik dengan manusia (sesuai Dokumen Rencana Tindakan Mendesak Penyelamatan Gajah Sumatera Tahun 2020 - 2023).

"Evakuasinya kita lakukan pada Minggu (26/7) kemarin, kita menggunakan dua ekor Gajah yang sudah jinak untuk menggiring, yaitu Bankin dan Indah. Sekarang, Gajah ini sudah kita bawa ke PLG Sebanga untuk pemeriksaan medis dan pemantauan perilaku," pungkasnya.***