PEKANBARU - Sudah menjadi kewajiban rumah sakit dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Namun, hal ini menjadi tantangan besar, bagaimana memberikan pelayanan kesehatan, seperti yang dilakukan rumah sakit yang ada di Malaka (Malaysia) dan RSUD dr Iskak Tulungagung (Jawa Timur).

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menantang semua rumah sakit yang ada di Provinsi Riau untuk berlomba memberikan pelayanan terbaik dan prima. Contohnya, seperti yang dilakukan RSUD dr Iskak Tulungagung di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

"Saya mencontohkan, bagaimana salah satu rumah sakit di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur, bisa menjadi rumah sakit terbaik di dunia. Sebab, Pimpinan RSUD dr Iskak Tulungagung, bisa mengajak dokter dan perawat mendatangi warga yang sakit langsung ke rumahnya untuk memberikan pelayanan kesehatan," kata Syamsuar, Sabtu (18/1/2020).

Dikatakan Syamsuar, tak dapat sempurna seperti rumah sakit di Tulungagung, minimal ada perubahan yang diberikan rumah sakit di Riau dalam memberikan pelayanan kesehatan. Sehingga warga senang datang ke rumah sakit dan puskesmas yang ada di Provinsi Riau.

"Apalagi sekarang ada program dokter keluarga, yang dimaksud adalah dokter yang mendatangi warga yang sakit ke rumah-rumah. Artinya, kenapa harus menunggu, kalau jemput bola saja bisa kita lakukan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang sakit," ungkap Syamsuar, berharap hal ini bisa dilakukan di Provinsi Riau.

Untuk diketahui, International Hospital Federation (IHF) menobatkan RSUD dr Iskak Tulungagung yang mewakili negara Indonesia sebagai rumah sakit terbaik dunia dalam hal penyelenggaraan layanan publik (corporate social responsibility). ***