PEKANBARU - Menyambut hadirnya bulan auci Ramadan, masyarakat Provinsi Riau memiliki tradisi Upacara Balimau Adat Potang Mogang. Tahun ini, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi didampingi istri Hj Misnarni Syamsuar melaksanakannya di Sungai Kampar, Kabupaten Kampar, Minggu (5/5/2019).

Balimau Adat Potang Mogang adalah tradisi adat budaya yang sudah berlangsung selama ratusan tahun. Masyarakat meyakini upacara ini merupakan ucapan syukur dan ungkapan kegembiraan menyambut datangnya bulan puasa.

Syamsuar mengatakan, nilai-nilai luhur budaya dan kearifan lokal yang tercermin di dalam tradisi Balimau Adat Potang Mogang merupakan suatu daya tarik wisata dan kekayaan khazanah budaya negeri ini, serta perekat persatuan dan kesatuan.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Muslimawati, Sekda Kampar Drs Yusri, MSi dan Istri, Burhanuddin Husin MM mantan Bupati Kampar, Forkopimda, Camat, Tokoh masyarakat dan kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar.

Syamsuar menyampaikan Marhaban ya Ramadan, mari kita sambut bulan Ramadan ini dengan penuh gembira, bulan yang penuh Rahmat, maghfirah dan bulan bebas dari api neraka.

"Kegiatan ini punya makna dan arti, yakni pelestarian budaya yang terpelihara dan perlu dijaga, ada beberapa hikmah yang diperoleh. Membersihkan diri kita bukan hanya badan tapi rohani, begitu juga ajang silaturrahmi antar masyarakat, menyambut ramadan dengan doa dan memohon ampunan. Jangan kita kotori acara ini dengan hal-hal yang jauh dari norma adat dan norma agama," ungkap Syamsuar.

Sementara itu Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya menyampaikan, merupakan agenda tahunan masyarakat. Sesuai dengan adat istiadat dan kebiasaan masyarakat dari zaman dulu dan sampai sekarang.

"Semoga ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah kita tahun ini diterima Allah SWT," kata Catur. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/1jpg-8106.jpgGubernur Riau Drs H Syamsuar MSi menyiramkan air limau saat hadiri Balimau Potang Mogang di Tepian Sungai Kampar, Pulau Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Kampar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/2jpg-8105.jpgGubri menyerahkan hadiah lomba sampan hias saat hadiri Potang Balimau di Tepian Sungai Kampar, Pulau Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/3jpg-8104.jpgKetua TP PKK Riau Misnarni foto bersama saat hadiri Potang Balimau Kabupaten Kampar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/4jpg-8103.jpgGubri Syamsuar dan Wagubri Edy Nasution menghadiri Safari Ramadhan di Masjid Al Hidayah Kantor Gubernur.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/5jpg-8102.jpgGubri memberikan sambutan saat hadiri Safari Ramadhan di Masjid Al Hidayah Kantor Gubernur.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/6jpg-8101.jpgWagubri Edy Nasution didampingi Wawako Pekanbaru, Kadis Pariwisata berdoa saat ziarah makam pada Potang Balimau, Kota Pekanbaru di Mesjid Raya Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/7jpg-8100.jpgWagubri Edy Nasution didampingi Wawako Pekanbaru, Kadis Pariwisata hadiri  Potang Balimau Kota Pekanbaru 1440 H di Masjid Raya Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/8jpg-8099.jpgWagubri H Edy Nasution didampingi Wawako Pekanbaru, Kadis Pariwisata menyerahkan santunan pada Potang Balimau Kota Pekanbaru di Masjid Raya Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/9jpg-8098.jpgWagubri Edy Nasution didampingi Wawako Pekanbaru, Kadis Pariwisata tabur bunga saat ziarah makam pada Potang Balimau Kota Pekanbaru di Masjid Raya Pekanbaru.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/09052019/10jpg-8097.jpgWagubri H Edy Nasution hadiri  Potang Balimau Kota Pekanbaru.