PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar mengharapkan venue-venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 dimanfaatkan kembali mengingat dana yang dianggarkan untuk pembangunan ini tidaklah sedikit.

"Sangat disayangkan apabila venue-venue yang telah dianggarkan dengan miliaran rupiah bahkan jika di jumlahkan secara keseluruhan mencapai triliunan rupiah, tidak dimanfaatkan dengan baik," kata Syamsuar saat membuka rapat anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau di Grand Suka Hotel Pekanbaru, Sabtu (18/5/2019).

Seandainya venue tersebut telah dimanfaatkan dengan baik, mungkin beberapa persoalan mengenai venue yang harus membayar sewa tidak akan ada.

Menurutnya, para atlet seharusnya tidak perlu membayar sewa venue jika hanya digunakan untuk berlatih.

Syamsuar juga akan melakukan peninjauan dan koordinasi bersama Badan Pemeriksaa Keuangan (BPK) serta mempelajari lagi bagaimana Peraturan Gubernur (Pergub) terkait dengan penyewaan venue.

"Nanti akan kita tinjau kembali terkait penyewaan venue bagi atlet, rasanya kurang tepat jika untuk latihan saja mereka harus membayar," ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa mungkin dalam hal ini ada interpretasi yang salah. Seperti venue di Kabupaten Siak telah diatur untuk atlet tidak ada sistem sewa kecuali untuk kepentingan diluar atlet. ***