PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar akan menghibahkan pelabuhan penyeberangan roll on roll off (Roro) Dumai-Melaka (Malaysia) kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar segera dikembangkan.

"Kami dimina pak Menhub agar dermaga atau pelabuhan penyeberangan Roro Dumai yang sekarang milik provinsi dihibahkan kepada Kemenhub. Saya langsung setujui hibah tersebut, karena kata pak Menhub asalkan pelabuhan dihibahkan akan langsung dikerjakan. Ini dalam rangka pembangunan Roro Dumai-Melaka," kata Gubri di Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu (28/7/2021).

Sehingga orang nomor satu di Riau ini berharap agar Kemenhub dapat segera meningkatkan fasilitas pelabuhan penyeberangan lintas negara tersebut.

"Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Dumai dalam proses hibah lahan dan asset yang ada di pelabuhan penyeberangan kepada Kemenhub. Sebelumnya telah disusun DED Peningkatan Pelabuhan Penyeberangan Dumai oleh BPTD Wilayah IV Riau-Kepri tahun 2019" jelasnya.

Seperti diketahui, bahwa berdasarkan hasil kesepakatan forum kerjasama IMT-GT, terdapat enam koridor ekonomi yang potensial dan memiliki traffic yang relative tinggi, salah satunya koridor ekonomi 4 Dumai-Melaka. ****