PEKANBARU – Sebanyak 460 tenaga harian lepas (THL) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan menjalani tes urine. Sama seperti ratusan THL Satpol PP Pekanbaru sebelumnya, tes urine ini dilakukan sebagai salah satu perpanjangan kontrak kerja tahun depan.

"Ini juga merupakan kebijakan untuk memastikan bahwa pegawai kita bebas narkoba. Mudah-mudahan hasil tesnya negatif semua," ujar Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Rabu (28/12/2022).

Menurutnya, tes urin ini juga merupakan pembenahan di jajaran Pemko Pekanbaru. Sehingga tenaga yang bekerja dapat bekerja maksimal.

"Tugas Pemko Pekanbaru sangat berat sekali. Kita sebagai pelayan publik terus mendapat keluhan dari masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso mengatakan bahwa saat ini ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 86 orang. Sedangkan tenaga non PNS atau THL sebanyak 460 orang.

"Karena kontrak non PNS ini bersifat tahunan, maka kami melakukan seleksi administratif. Kemudian, kami melanjutkan dengan evaluasi kinerja yaitu kedisiplinan dan tes urine salah satunya," pungkasnya. ***