PEKANBARU - Gerakan Mencintai Bumi yang dicanangkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) disambut DPD PDIP Riau dan DPC PDIP Pekanbaru dengan melaksanakan penanaman 1.000 batang pohon di Pekanbaru, Minggu (2/2/2020).

Selain melakukan penanaman pohon, DPD PDIP Riau dan DPC PDIP Pekanbaru juga melakukan kegiatan gotongroyong dengan membersihkan lingkungan di sekitaran Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Riau H Syafaruddin Poti, SH menyampaikan gotongroyong serta penanaman pohon ini dihadiri oleh seluruh anggota dan kader partai, beserta masyarakat sekitar.

''Lebih kurang 1.000 batang pohon kita tanam, kita mulai dari gotong royong, membersihkan sampah hingga menanam pohon. Kegiatan ini akan berlanjut hingga bulan 5 mendatang, untuk proses penghijauan dan kehidupan yang sehat,'' ujar Syafruddin Poti.

Sementara itu, Ketua DPC Kota Pekanbaru Robin Hutagalung yang juga Anggota DPRD Provinsi Riau menuturkan gotongroyong serta penanaman pohon ini sangat memberi manfaat untuk anggota dan masyarakat serta upaya menumbuhkan sosial yang kuat, rasa cinta yang tinggi terhadap lingkungan serta silaturrahmi.

Sementara Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Riau H Zukri menambahkan sesuai dengan himbauan DPP, PDI Perjuangan mencanangkan ''Gerakan Mencintai Bumi'' dengan mendorong gerakan hidup bersih, merawat lingkungan agar asri, gerakan menanam pohon secara serentak, gerakan membersihkan sungai dari sampah, gerakan memisahkan sampah dari rumah tangga, dan juga gerakan menjaga sumber mata air dengan melakukan penghijauan di sekitar sumber mata air.

''Kesemuanya wajib dilakukan oleh anggota dan kader partai baik di struktural partai, legislatifi, maupun eksekutif partai,'' jelas Zukri.

Adapun Kegiatan penghijauan tersebut secara nasional dipusatkan di sepanjang daerah aliran sungai Citarum, yang dilakukan oleh anggota dan kader PDI Perjuangan se-Jawa Barat di 10 wilayah kabupaten dan kota sepanjang DAS Citarum.

Kegiatan penghijauan ini dicanangkan oleh DPP PDI Perjuangan di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Kampung Gambung, RT 01/RW 09, Desa Mekar Sari, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. ***