PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah melonggarkan kegiatan masyarakat, hingga konser bisa digelar beberapa waktu lalu. Pasalnya, kasus Covid-19 saat ini sudah jauh menurun dan Kota Pekanbaru berstatus PPKM Level 2.

Namun demikian, Pemko Pekanbaru belum kembali menggelar Car Free Day (CFD) yang biasanya ramai dikunjungi warga untuk berolahraga atau rekreasi bersama keluarga dan sahabat. CFD ini sebelumnya ditiadakan sejak pandemi Covid-19 muncul di Kota Pekanbaru pada 2020 lalu.

Menanggapi hal ini, Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso mengatakan bahwa pihaknya sudah mempertimbangkan agenda yang digelar tiap Minggu tersebut. Namun, keputusannya masih menunggu keputusan Wali Kota Pekanbaru.

"Artinya kita masih dalam PPKM Level 2, dan bagaimana trend kondisi (kasus) saat ini. Ini harus ada pertimbangan. Jangan nanti terjadi lonjakan gara-gara dibukanya Car Free Day," ujar Yuliarso, Jumat (13/5/2022).

Ia juga mengatakan bahwa CFD memerlukan rekomendasi dari Satgas Covid-19. Lalu surat acuan dari pemerintah pusat, agar kegiatan ini tidak menjadi masalah karena munculnya kasus baru Covid-19.

"Tapi rencana itu sudah ada, tinggal kita menunggu lah. Karena kita ya belum berani," pungkasnya. ***