PEKANBARU, GORIAU.COM - Peta politik kembali berubah sebelum pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2013 - 2018. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sebelumnya dikabarkan terpecah-pecah dalam memberi dukungan pada Pilgubri 2013, ternyata akan membulatkan suara untuk Jon Erizal dan Mambang Mit (JE-MM).

Kepastian suara para kader PKS untuk Jon Erizal - Mambang Mit ini ditandai dengan kedatangan Presiden PKS Anis Matta pada kampanye akbar JE-MM yang akan digelar besok di lapangan PCR Rumbai.

Kedatangan Anis Matta akan menginstruksikan kepada seluruh kader PKS untuk memilih Jon Erizal - Mambang Mit.

Kepastian kehadiran Anis Matta untuk membulatkan suara ke JE-MM ini, mengubah peta politik jelang pemilihan. Pasalnya, tanpa dukungan suara kader PKS yang terkenal militan, JE-MM dipastikan kalah. Militansi kader PKS terhadap dukungan diyakini merupakan ''garansi'' kemenangan pada Pilgubri karena suara kader PKS diperkirakan berada diatas 10 persen.

Dengan modal suara PKS, diperkirakan JE-MM akan lebih mudah menuju kursi Riau 1 karena hanya tinggal berkonsentrasi ''menggarap'' suara non PKS yang diperkirakan akan cukup besar dengan dukungan mutlak para loyalis Mambang Mit yang umumnya berada di Inhu, Inhil, Pekanbaru dan Riau Pesisir.

''Anis Matta dipastikan datang. Begitu pula Ketua DPD RI Irman Gusman, Azwar Anas dan Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan. Beberapa nama lagi, seperti Prof DR Amien Rais, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Gubernur Sumut Gatot Pujo masih dalam konfirmasi. Kampanye akbar JE-MM akan dipandu oleh Eko Patrio,'' ujar juru bicara tim JE-MM, Fendri Jaswir menjawab GoRiau.com, Jumat (30/8/2013) pagi ini.

Menurut Fendri, Anis Matta sudah mengkonfirmasikan akan hadir termasuk Azwar Anas dan Irman Gusman.

Dengan bulatnya suara PKS ini, maka peta persaingan semakin ketat. Pasalnya, semua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur punya basis sendiri-sendiri meski tidak bulat.

Herman Abdullah - Agus Widayat diprediksi menguasai Kampar, Pekanbaru, Kuansing dan sebagian Dumai dan Pelalawan. Sementara itu, pasangan Achmad Masrul Kasmy diprediksi akan ''merajai'' Rokan Hulu, Meranti dan sebagian Pekanbaru.

Sedangkan Annas Maamun - Andi Rahman, juga akan mendapatkan basis suara besar di Rokan Hilir, Dumai dan sebagian Riau Pesisir dimana Anas pernah jadi Ketua DPRD Bengkalis, dan Lukman Edy - Suryadi juga memiliki basis di Inhil, Kuansing, sebagian Inhu dan wong cilik. ***