TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Adanya persyaratan khusus bagi lulusan SLTA atau sederajat yang ingin mengikuti tes CPNS di Indragiri Hilir (Inhil), yakni harus memiliki nilai rata-rata 7, membuat banyak putra dan putri Inhil batal mengikuti pembukaan CPNS pada tahun ini.

Seperti yang tertera dalam pengumuman CPNS yang diumumkan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyebutkan persyaratan khusus bagi lulusan SLTA sederajat memiliki nilai rata-rata 7 dengan perhitungan nilai rata-rata UAS ditambah nilai rata-rata UAN dibagi dua.

''Saya memang rencananya mau ikut pembukaan kali ini, namun setelah baca semua persyaratannya, kemudian lihat nilai ijazah saya, ternyata nggak sampai 7,'' kata Putri salah seorang mahasiswa di Inhil kepada GoRiau.com, Senin (22/9/2014).

Dikatakan Putri, karena dirinya belum lulus kuliah, maka ia ingin ikut mendaftar formasi lulusan SLTA sederajat, namun adanya persyaratan itu membuat ia harus mengubur keinginannya kali ini.

''Nggak apa-apalah tak bisa ikut, lagian jadi PNS cuma menang di pakaian aja. Saya mau jadi pengusaha aja lagi,'' kata Putri menutupi kekecewaannya.

Senada dengan itu, Azmy yang juga mahasiswa di Inhil terpaksa tidak jadi ikut tes CPNS 2014 dikarenakan nilainya juga tidak sesuai target yang ditetapkan.

''6,8 rata-rata saya, gak sampe. Jadi gagal ikutan. Jika ada lowongan kerja selain ikut CPNS, kabarin ya,'' kata Azmy sambil bercanda.

Semenetara itu, Kepala BKD Inhil melalui Sekretaris BKD, Sri Suharni saat dikonfirmasi menyangkut hal ini mengatakan itu sudah menjadi keputusan sesuai dengan rapat terakhir BKD Inhil bersama BKD Provinsi Riau.

''Aduh saya kurang tau juga, karena yang pergi rapat terakhir Pak Kaban. Jadi kenapa ada persyaratan itu saya gak bisa jawab,'' ujarnya. (ayu)