PEKANBARU - Forum Ulama Republik Indonesia Bersama Jokowi telah terbentuk di Jakarta beberapa hari lalu, kini forum ulama tersebut terlahir juga di Provinsi Riau. Pembentukan forum ulama di Riau ini akan dideklarasikan di Kantor Nahdatul Ulama (NU) Riau, pada 27 Juni mendatang.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Forum Ulama Republik Indonesia Bersama Jokowi tingkat Nasional, Rusli Ahmad, yang juga penggagas lahirnya forum tersebut di Riau. Menurutnya, forum ini terbentuk dari persatuan ulama - ulama dari ormas - ormas Islam yang satu visi dan misi.

Diuraikannya, telah tersedia 3 nama yang terpilih untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. Pihaknya berharap, Jokowi akan mempertimbangkan salah satu nama untuk mendampinginya dalam pencalonan presiden periode kedua.

"Forum ulama ini adalah persatuan ulama ormas - ormas yang satu visi dan misi. Kita juga telah merekomendasikan 3 nama ulama untuk mendampingi beliau di Pilpres 2019," ujar Rusli, Selasa, (26/6/2018).

"Adapun ketiga nama itu diantaranya Said Aqil Siradj, As'ad Said Ali dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin," ungkapnya.

Kemudian, Rusli Ahmad menuturkan, pembentukan forum ini»erupakan aspirasi para ulama yang tidak bisa berpolitik praktis. Sehingga membentuk wadah dimana mereka dapat menyalurkan aspirasi para ulama untuk mendukung presiden dan wakilnya.

"Khusus kami dari NU yang tak boleh ikut politik praktis, kami meleburkan diri dalam forum ulama, tidak hanya NU tapi juga dari ormas-ormas lainnya juga tergabung di sini," ulasnya.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan membentuk forum ulama ditingkat kabupaten/kota se-Riau. Sementara dalam waktu dekat ini juga, akan dideklarasikan forum ulama di Kalimantan.

"Khusus untuk pulau Jawa, ada beberapa kiyai-kiyai sepuh dan karismatik yang akan membentuknya. Kita juga sudah jadwalkan deklarasi di Indonesia bagian timur, Sulawesi Bali, dan seluruh penjuru nusantara," pungkasnya. ***