JAKARTA - Pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Amputasi Indonesia, Bayu Guntoro siap menjalankan tugas. Mantan pemain Persita Tangerang ini rela menunda mengambil pelatih lisensi B AFC yang dijadwalkan di Malaysia, Juli 2022 agar bisa terus mendampingi Junaidi Abdillah dan kawan-kawan menjalani program latihan pelatnas untuk persiapan menuju Kejuaraan Dunia Sepakbola Amputasi di Turkiye, Oktober 2022 mendatang.

"Ya, saya ingin fokus menangani program latihan pelatnas Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia. Soal menunda ujian pelatih lisensi B AFC itu tidak ada masalah karena bisa ikut di gelombang selanjutnya," kata Bayu Guntoro di tempat penginapan pemain Timnas Sepakbola Amputasi, Wisma Duta Wiyata Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6/2022).

Bayu Guntoro memang sudah memutuskan akan meneruskan kariernya di bidang kepelatihan untuk mencetak pemain sepakbola yang berkualitas. Dan, dia akan mandiri untuk mengejar lisensi kepelatihan.

Keputusan Bayu Guntoro menunda pengambilan lisensi B AFC itu dibenarkan pelatih kiper Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia, Miftahul Khair. "Ya, Bayu menunda mengambil lisensi B AFC karena ingin konsentrasi penuh menyiapkan Timnas Sepakbola Amputasi Indonesia.Dan, dia ingin memanfaatkan waktu tiga bulan pelatnas dengan dukungan biaya dari Kemenpora untuk bisa mempersiapkan mereka tampil lebih baik menghadapi persaingan yang ketat di kejuaraan dunia nanti," katanya. ***