KUALA LUMPUR - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tak dapat menahan laju perlawanan Lee Yong Dae/Kim Gi Jung, di babak semifinal Malaysia Masters 2020. Dalam pertandingan rubber game berdurasi 69 menit, Fajar/Rian dikalahkan wakil Korea tersebut dengan skor 21-14, 19-21, 15-21.

Fajar/Rian mengawali pertandingan dengan cukup baik di game pertama. Pada game kedua pun mereka terus memimpin perolehan angka hingga Lee/Kim menyamakan kedudukan 19-19 dan akhirnya merebut game kedua.

Di game ketiga, Fajar/Rian bermain di bawah tekanan dan masuk pola permainan lawan. Lee/Kim semakin sulit untuk dikendalikan oleh Fajar/Rian.

"Pertama-tama, kami tetap bersyukur dengan hasil ini. Di game ketiga kami terbawa permainan mereka, mereka 'jadi' mainnya. Kami terbawa irama pelan mereka, pola main mereka defense balik serang," kata Fajar soal permainan.

"Waktu di game kedua di angka 5-4, Lee servis dan bolanya seperti melintir dan pengembalian saya pun nyangkut. Memang sempat terpengaruh dari sini, poinnya langsung jauh. Tapi kami tetap bersyukur dengan hasil ini, harus dievaluasi lagi," tambah Rian.

"Evaluasinya, kami nggak boleh hilang fokus, harus cepat ubah stategi. Lawan seharusnya main di pola kami. Secara keseluruhan kami tidak puas, khususnya hari ini, kami seperti diakalin lawan, walau kami tahu mereka pemain berpengalaman, tapi seharusnya kami bisa cepat ganti strategi," beber Fajar kepada Badmintonindonesia.org.

Dengan hasil ini, maka Indonesia belum berhasil mengirim wakil ke babak final Malaysia Masters 2020. Sebelumnya tiga wakil juga sudah terhenti. Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dikalahkan Li Wen Mei/Zheng Yu (Tiongkok), dengan skor 19-21, 21-18, 19-21.

Di nomor ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja juga harus mengakui keunggulan Zheng Siwei/Huang Ya Qiong (Tiongkok), dengan skor 13-21, 12-21. Sementara itu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan ditundukkan Li Jun Hui/Liu Yu Chen (Tiongkok), dengan skor 20-22, 21-19, 22-24. ***