TELUKKUANTAN – Karena selalu longsor, enam kepala desa di Pangean, Kuantan Singingi Riau berharap arena pacu jalur Tepian Rajo Pangean diturap. Usulan itu disampaikan kepada anggota DPRD Riau H Sukarmis saat melakukan reses di daerah itu.

Usulkan disampaikan oleh Kepala Desa Rawang Binjai, Pauh Angit Hulu, Pauh Angit Hilir, Padang Tanggung, Sukaping, Sako dan Pembatang, Rabu (26/2/2020) malam.

''Kami berharap arena Tepian Rajo Pangean bisa diturap pak, karena sudah banyak yang longsor dan mengancam ruas jalan dan rumah penduduk,’’ ujar Sustiaji, Kades Pauh Angit yang diamini oleh kades lainnya.

Selain pembangunan turap, para kades juga mengusulkan adanya pembangunan rumah layak huni, bantuan ternak dan perkebunan karena bantuan itu sangat dibutuhkan warga.

Sementara itu, H Sukarmis yang juga mantan Bupati Kuantan Singingi, meminta para kades untuk membuat proposal dan memenuhi persyaratan sesuai aturan.

‘’Untuk bantuan ternak dan perkebunan itu harus buat proposal, ada kelompok dan dilengkapi dokumen pendukung seperti KTP dan foto anggota kelompoknya, khusus untuk perkebunan dilampirkan SKGR masing-masing anggota kelompoknya,’’ kata Sukarmis.

Sedangkan untuk rumah layak huni, tambahnya, perlu dukungan foto rumah dan pemiliknya serta lengkapi dengan surat tanahnya agar memudahkan pihak provinsi karena bantuan itu harus tepat sasaran.

‘’Jika semua lengkap, kita akan perjuangkan,’’ ujar ucap Sukarmis sambal mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Pangean dan Kuansing yang telah memilih dirinya pada pemilihan legislative lalu.

Turut hadir malam itu sejumlah Anggota DPRD Kuansing, Jefri Antoni, Sastra Febriawan dan Dr Adam SH MH. ***